Jawa Pos

Atasi Kucing Terje

-

KEKUATAN Command Center (CC) 112 benar-benar diuji saat teror bom di tiga gereja pada 13 Mei lalu. Koordinasi pemadam kebakaran, ambulans, pengaturan lalu lintas, hingga pengamanan dari kepolisian dan TNI dilakukan di satu tempat.

Ruang komando serbaputih tersebut berada di lantai 2 gedung Siola. Sebelum sukses membuat keadaan kota kondusif pascateror bom, petugas CC112 punya ribuan kisah. Dalam dua tahun terakhir, mereka pernah berhasil menyelamat­kan sapi yang tercebur sungai, kucing terjepit di botol, ular masuk kampung, dan yang terbanyak adalah kasus kecelakaan lalu lintas.

Melihat partisipas­i warga yang begitu tinggi, pemkot memperkuat layanan tanggap darurat tersebut. CC112 room kini diperluas menjadi 538 meter persegi. ”Penguatan command center sudah hampir selesai,” ujar Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (BPB) Linmas adalah nomor telepon bebas pulsa. Hitungan menit semua laporan ditindakla­njuti.

Ribuan CCTV di jalan terkoneksi dengan monitor di CC112 sehingga pemantauan bisa dilakukan dari jarak jauh tanpa menunggu laporan.

Surabaya Eddy Christijan­to.

Di CC112 sejumlah organisasi perangkat daerah dilibatkan. Ada petugas BPB linmas, satpol PP, dinas perhubunga­n, dinas pemadam kebakaran, dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau, dinas pekerjaan umum bina marga dan pematusan (DPUBMP), serta petugas Polrestabe­s Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia