Jawa Pos

Pit sampai Teroris

-

yang dicatat dalam laporan pengaduan. Laporan-laporan palsu itu tetap dicek. Namun, jika hasilnya nihil, laporan tidak masuk dalam rekam catatan.

Dahulu tiap-tiap OPD itu punya posko. Penanganan tidak bisa dilakukan dalam hitungan menit seperti saat ni. Laporan darurat bisa ditangani 24 jam dengan cepat.

Tak sedikit laporan yang disampaika­n masyarakat adalah informasi hoax. Namun, bagi Wali Kota Tri Rismaharin­i, hal itu tak mengapa. Dia tetap meng- mempersing­kat izin terus diupayakan pemkot. Meski begitu, tidak semua zin bisa dipangkas aturannya. Misalnya, izin lingkungan.

Prosesnya lama karena harus melibatkan para ahli, kemudian survei di lapangan untuk menentukan layak tidaknya. Aturan apresiasi sikap aktif masyarakat. Menurut Risma, lebih baik kecele ketimbang kecolongan. Sejak saat itu, CC112 juga punya tugas meluruskan berita hoax. Informasi salah tersebut diklarifik­asi CC112 melalui akun medsosnya. undang-undang juga sering kali memberikan batasan untuk izin yang tidak bisa diproses dengan singkat.

Karena itu, pemkot sudah mengajukan beberapa hal ke pemerintah pusat untuk menanyakan kembali izin apa saja yang bisa dipersingk­at waktunya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? ELAYANAN ONLINE: Pemohon izin sedang mengunggah berkas pada server SSW.
DITE SURENDRA/JAWA POS ELAYANAN ONLINE: Pemohon izin sedang mengunggah berkas pada server SSW.
 ?? INSTAGRAM COMMAND CENTER 112 ?? SELAMAT: Petugas mengeluark­an kucing yang terjepit dalam botol.
INSTAGRAM COMMAND CENTER 112 SELAMAT: Petugas mengeluark­an kucing yang terjepit dalam botol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia