Jawa Pos

DARAH MUDA TOPANG LA PULGA

-

BUENOS AIRES – Lionel Messi masih terlalu krusial kalau mau digeser sebagai pembeda di timnas Argentina. Misalnya saat La Albicelest­e mengalahka­n Haiti empat gol tanpa balas di La Bombonera, Buenos Aires, kemarin pagi WIB (30/5). Semua gol Argentina lahir dari kreasinya.

Messi tidak hanya mencatat hat-trick keenamnya pada menit ke-17 (penalti), 58, dan 66. La Pulga juga memberikan assist

untuk gol Sergio Aguero (69’). Yang tak kalah menarik, di balik eksplosivi­tas Messi ada darah muda yang menjadi supporting.

Gelandang Giovani Lo Celso yang bersinar bersama Paris Saint-Germain (PSG) musim ini dan penyerang sayap Cristian Pavon menunjukka­n jati diri sebagai penyokong Messi di Piala Dunia 2018. Lo Celso dan Pavon saat ini sama-sama berusia 22 tahun. Sama-sama baru muncul di era pelatih Jorge Sampaoli dan sama-sama mencatat 5 caps.

Lo Celso yang bermain sejak menit awal sangat nyaman bermain sebagai gelandang box-tobox. Di PSG, Lo Celso pernah dijajal Unai Emery, pelatih PSG musim lalu, sebagai gelandang jangkar, gelandang box-to-box, maupun gelandang serang. Salah satu kelebihan Lo Celso adalah dalam mengatur tempo permainan.

Satu lagi yang membuat adanya chemistry antara Messi dan Lo Celso adalah berasal dari kota yang sama: Rosario. Meski, Lo Celso dilahirkan dari akademi Rosario Central, klub rival sekota Newell’s Old Boys yang membesarka­n Messi.

Pavon juga layak diapresias­i. Meski baru turun menggantik­an

Angel Di Maria setengah jam terakhir, pemain asal Boca Juniors itu langsung berkontrib­usi assist untuk gol ketiga Messi. ’’Saya seperti menemukan partner baru,’’ ucap Messi menunjuk kepada Pavon dilansir Ole.

Kolaborasi Messi dan Pavon kemarin bukan yang pertama. Mereka pernah bermain bersama dalam uji coba melawan Rusia pada 12 November 2017. Kala itu Pavon malah hanya bermain 12 menit. ’’Dia pemain bagus. Punya kecepatan, punya naluri pembeda. Dia berbeda dengan (Angel) Di Maria,’’ puji Messi.

 ?? NATACHA PISARENKO/AP ?? KONEKSI BARU: Lionel Messi dan Giovani Lo Celso merayakan gol Argentina ke gawang Haiti di La Bombonera, Buenos Aires, kemarin pagi WIB (30/5).
NATACHA PISARENKO/AP KONEKSI BARU: Lionel Messi dan Giovani Lo Celso merayakan gol Argentina ke gawang Haiti di La Bombonera, Buenos Aires, kemarin pagi WIB (30/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia