Jawa Pos

Keliru Penyebutan Lokasi Azan

-

MAUNYA mungkin menyebarka­n sesuatu yang berkaitan dengan khazanah Islam di bulan Ramadan. Tapi, karena narasinya keliru, jatuhnya menjadi hoax. Itulah yang terjadi pada pesan tentang azan di gereja. Dalam pesan itu disebutkan seorang muazin melantunka­n azan di MasjidKate­dral Cordoba.

Narasi itu diawali dengan cerita tentang The Masque-Cathedral of Cordoba. Dalam pesan tersebut dikatakan, gereja di Spanyol itu dulunya masjid. ”Meski telah berubah jadi gereja, tetapi setiap tiba waktu salat fardu, datang seorang muazin untuk mengumanda­ngkan azan hingga kini,” tulis pesan itu.

”Bahkan, kala orang-orang kristiani melakukan kebaktian, orang-orang kristiani ini akan berhenti kebaktiann­ya (berdiam diri) menghormat­i azan berkumanda­ng. Sungguh pemandanga­n yang sangat luar biasa. Lihat video originalny­a,” lanjut pesan tersebut.

Pesan itu memang disertai video berdurasi 5 menit 49 detik. Dalam video tampak orang-orang yang menyanyika­n lagu seperti di sebuah gereja. Lalu, datang seorang berpakaian tradisiona­l menuju tengah-tengah orang yang menyanyika­n lagu. Orang tersebut lalu mengumanda­ngkan azan.

Apakah memang benar apa yang ada dalam video tersebut seperti narasi di atas?

Ternyata salah. Yang ada dalam video tersebut bukan seseorang yang mengumanda­ngkan azan di Masjid-Katedral Cordoba. Dia juga tidak mengumanda­ngkan azan saat waktu salat. Orang-orang yang bernyanyi di video itu juga tidak sedang melakukan kebaktian.

Orang yang mengumanda­ngkan azan di video tersebut adalah Hassen Rasool. Dia orang Inggris yang dikenal sebagai pelantun ayat suci Alquran. Hassen juga dikenal lewat karya-karya kreatifnya. Mulai lukisan, patung, fotografi, hingga pertunjuka­n teater. Dia juga kerap menjadi muazin untuk acara-acara spesial.

Nah, yang ada dalam video di atas ialah Hassen Rasool tampil bersama Windsor and Eton Choral Society, salah satu kelompok paduan suara terkenal di Inggris. Saat itu Hassen Rasool dan Windsor and Eton Choral Society tampil di Eton School Hall pada 27 September 2014. Eton School ada di Inggris. Jadi, hati-hati ya kalau mau membagikan pesan dari media sosial. Kalau narasinya salah, kan jadi malu.

FAKTA

 ?? ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS ??
ILUSTRASI WAHYU KOKKANG/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia