Jawa Pos

Target Pendapatan Tumbuh 2–5 Persen

-

JAKARTA – Para pelaku usaha mengharapk­an bunga yang terjangkau dari bank. PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) dan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), misalnya. Sebab, selain dana internal perseroan, sebagian belanja modal atau capital expenditur­e (capex) usaha Grup Salim itu menggunaka­n dana pinjaman bank. Tahun ini capex yang dianggarka­n Rp 9,1 triliun.

’’Kami ingin bunga bank terjangkau dan rupiah stabil,’’ kata Direktur Utama INDF Anthoni Salim setelah rapat umum pemegang saham (RUPS) kemarin (31/5).

Capex tahun ini dikerahkan untuk divisi usaha yang menyangkut distribusi, agrobisnis, serta produksi tepung dan makanan, terutama Bogasari dan usaha dari ICBP.

Sepanjang kuartal I lalu, penjualan mengalami penurunan sesuai dengan pola historis kuartalan yang memang melambat pada awal tahun. Gejolak nilai tukar diyakini tidak membawa dampak berarti pada penjualan saat momen Ramadan dan Lebaran pada kuartal II. Sebab, 8 persen dari total produk diekspor ke berbagai negara.

Selain kurs dolar AS (USD) yang menguat, volume ekspor ikut meningkat sehingga cukup menolong kenaikan harga bahan baku yang dibeli secara impor. ’’Sebetulnya kami natural hedging ya. Karena penjualan ekspor bagus dan kami lebih banyak beli bahan baku yang lokal seperti cabai dan bawang merah,’’ jelas Anthoni.

Direktur INDF Thomas Tjie menyatakan, pihaknya masih mampu membayar pinjaman dan dividen meski rupiah melemah. ’’Kami dianggap mampu (oleh Bank Indonesia) melakukan pembayaran dengan USD untuk tiga bulan mendatang,’’ tuturnya.

Perusahaan tahun ini menargetka­n pendapatan tumbuh 2–5 persen. Pada 2017, perseroan mengantong­i pendapatan konsolidas­ian Rp 70,19 triliun.

Komisaris Utama ICBP Franciscus Welirang menuturkan, harga komoditas yang naik dapat mengimbang­i pelemahan rupiah. Juga, bisa menolong kinerja perseroan. ’’Kalau daya beli, tidak ada masalah,’’ tegasnya.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWAPOS ?? BAGI DIVIDEN: Dari kiri, Anthoni Salim, Franciscus Welirang, dan Direktur ICBP Axton Salim memberikan keterangan terkait dengan hasil RUPS tahunan di Jakarta kemarin (31/5).
MUHAMAD ALI/JAWAPOS BAGI DIVIDEN: Dari kiri, Anthoni Salim, Franciscus Welirang, dan Direktur ICBP Axton Salim memberikan keterangan terkait dengan hasil RUPS tahunan di Jakarta kemarin (31/5).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia