Jawa Pos

Klopp Ungguli Zidane

-

BERLIN – Juergen Klopp mungkin kalah dari Zinedine Zidane dalam final Liga Champions di Kiev pekan lalu (27/5). Namun, untuk predikat pelatih terbaik dunia 2017–2018 versi Kicker, Klopp mengunggul­i Zidane. Pelatih Liverpool itu juga meraih suara lebih banyak ketimbang

Pep Guardiola (Manchester City) maupun Jupp Heynckes (Bayern Muenchen).

Kicker melakukan survei kepada 248 pemain dari 18 klub yang bermain di Bundesliga musim lalu. Hasilnya, Klopp mendapatka­n dukungan sampai angka 35,7 persen. Menyusul Pep dengan 31,1 persen, lalu Zidane dan Heynckes berbagi persentase yang sama (10,9 persen).

Berbeda dengan Klopp yang gagal memenangka­n trofi musim ini, tiga pelatih yang dikalahkan­nya sukses mengangkat piala. Pep, misalnya, memenangi Premier League dan Piala EFL. Heynckes juga mempersemb­ahkan titel Bundesliga. Zidane? Pelatih yang mengundurk­an diri dari Real kemarin (31/5) itu memenangi Liga Champions ketiga dalam tiga musim terakhir.

Meski begitu, di mata Pep, Klopp memang layak meraih gelar pelatih terbaik. Gaya permainan counter-pressing (skema 4-3-3) yang diusung Klopp berhasil menciptaka­n ’’topan badai’’ di lini belakang lawan-lawannya.

’’Dia (Klopp) mengkreasi sebuah tim yang menyerang secara terus-terusan di lini pertahanan lawan,’’ ujar Pep dilansir Liverpool Echo. ’’Ketika kali pertama di Jerman, saya merasa skema Klopp (bersama Borussia Dortmund saat itu) adalah sesuatu yang baru dan menjadi pelajaran yang berharga,’’ imbvuhnya.

 ?? SEDAT SUNA/EPA-EFE ?? PENGUSUNG COUNTER PRESSING: Juergen Klopp terpilih sebagai pelatih terbaik dunia 2017–2018 versi Kicker.
SEDAT SUNA/EPA-EFE PENGUSUNG COUNTER PRESSING: Juergen Klopp terpilih sebagai pelatih terbaik dunia 2017–2018 versi Kicker.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia