Jawa Pos

Percaya kepada Pasukan Muda

-

KEMENANGAN 2-1 atas Arab Saudi (29/5) menjadi debut manis bagi Roberto Mancini sebagai allenatore Italia. Ada yang beda dengan 26 pemain yang dipanggil Mancini. Rata-rata usia mereka masih muda. Yakni, 22,4 tahun.

Hanya Leonardo Bonucci dan Domenico Criscito yang usianya kepala tiga. Yakni, 31 tahun. Sementara itu, 13 pemain berusia di bawah 25 tahun. Terutama di barisan gelandang. Mancio –panggilan akrab Mancini– memanggil darah-darah muda seperti Rolando Mandragora (20 tahun/Crotone), Lorenzo Pellegrini (21 tahun/AS Roma), dan Bryan Cristante (23 tahun/Atalanta).

’’Dia (Mancini) percaya kepada pemain-pemain muda. Tidak banyak yang berani melakukann­ya. Dia sosok yang tepat untuk itu,’’ kata mantan center back Italia Alessandro Nesta sebagaiman­a dilansir Sky Italia.

Menurut Nesta, Italia tidak sedang krisis pemain. Justru, banyak pemain muda yang layak diberi kesempatan. Melimpahny­a pemain muda di Italia termasuk satu di antara alasan Mancini mengiyakan tawaran Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) setelah tidak lagi melanjutka­n kontrak bersama Zenit St Petersburg pada 13 Mei.

’’Itu (senang kepada pemain muda) sudah jadi kepribadia­nnya. Dia juga punya ide-ide yang hebat. Dia akan sempurna bagi tim muda ini,’’ ungkap Nesta yang dipercaya sebagai allenatore klub Serie B Perugia.

Keputusan berani Mancini lainnya adalah memanggil kembali Mario Balotelli. Pemain berjuluk Super Mario itu come back setelah Piala Dunia 2014 dengan mencetak gol ke gawang Saudi. ’’Mancini membawa konfidensi, ketenangan, dan antusiasme yang kami butuhkan,’’ puji Jorginho, gelandang Napoli, kepada Global Italia Sport. ’’Memulai dengan darah muda, mengawali dengan bentuk yang baru, itu esensinya bagi tim ini,’’ lanjutnya. 1 JUNI

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia