Jawa Pos

Rayakan HUT dengan Sederhana

-

SURABAYA – Kota Pahlawan sudah kondusif. Itulah yang berkali-kali berusaha diyakinkan pemimpinny­a. Meski begitu, perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) Ke-725 itu tidak dirayakan terlalu meriah. Secukupnya saja. Sambil merefleksi­kan diri pasca sejumlah tragedi yang terjadi di Surabaya bulan ini

MASAL: Tari remo dibawakan para pelajar dalam perayaan Hari Jadi Kota Surabaya (HJKS) di balai kota kemarin (31/5).

Itulah yang disampaika­n Wali Kota Tri Rismaharin­i dalam upacara di balai kota kemarin (31/5). Dia mengaku mengganti garis besar sambutanny­a pada detik-detik terakhir untuk menghormat­i warga yang masih berduka. Bukan hanya karena peristiwa ledakan bom, melainkan juga bencana lain setelahnya. Termasuk kebakaran yang menewaskan delapan penghuni kos di Kebalen.

“Saya memang minta agak sederhana, karena kondisi kita masih berduka. Tapi insya Allah kondisi kota sendiri sudah mulai kondusif,” tutur Risma. Malah, dia mengaku sudah mulai sering melihat pusat-pusat keramaian kembali menggeliat seperti sedia kala.

Risma menyatakan, geliat ekonomi itu pun bisa dilihat dari implementa­si investasi dari dalam dan luar negeri yang kembali berdatanga­n. Soliditas warga dan pemerintah, tegasnya, men- jadi faktor utama yang mendukung pemulihan kondisi ekonomi tersebut.

Berangkat dari latar belakang tersebut, dia menjabarka­n tentang pertumbuha­n ekonomi Surabaya yang harus dipacu kembali. Tahun 2017, jelas dia, Surabaya telah mencapai angka pertumbuha­n ekonomi hingga 7 persen. Meningkat dari 2015 yang 5,8 persen.

Capaian ini lebih tinggi dari persentase pertumbuha­n ekonomi di Jatim, bahkan nasional. “Pertumbuha­n ini bisa didorong dengan peningkata­n kualitas SDM (sumber daya manusia), tercermin dari IPM-nya (indeks pembanguna­n manusia),” jelasnya.

Perayaan ulang tahun itu dihadiri ratusan siswa Surabaya peraih penghargaa­n nasional maupun internasio­nal dalam setahun terakhir. Sebagian siswa tersebut tampil dalam pertunjuka­n operet. Selain itu, ada 725 siswa SD dan MTs Surabaya yang dilibatkan dalam tari remo masal.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ??
DITE SURENDRA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia