Jawa Pos

Manisnya Es Degan Kacang Gula Jawa

-

SURABAYA – Pada bulan Ramadan kuliner semakin bervariasi. Bahan-bahan diolah menjadi sajian yang siap menggugah selera. Salah satunya, es degan kacang gula jawa.

Jenis minuman tersebut memadukan kelapa muda dan kacang tanah. Ada pula tambahan gula jawa. Bahanbahan itu dicampur, lantas diblender hingga halus

Ditambahka­n air secukupnya agar campuran tidak terlalu kental seperti bubur.

Setelah itu, olahan tersebut diberi es batu. Minuman itu dapat pula disajikan dengan es serut. Penyajiann­ya disesuaika­n selera. Rasa manisnya khas dari gula jawa. Manisnya berbeda saat menggunaka­n gula pasir. Minuman itu mirip dawet, tetapi ada rasa segar yang diciptakan dari degan.

’’Enak dimakan langsung setelah diolah,’’ ungkap Sofyan, pengelola Oman Resto Vegan di Jalan Ambengan. Minuman itu, ucap dia, sering diburu masyarakat sebagai takjil. Sebab, rasanya manis dan segar. Jenis minuman yang menyegarka­n sesuai untuk berbuka puasa.

Dalam sehari, Sofyan dapat menjual 30 gelas es degan kacang gula jawa. Satu gelas dihargai Rp 10 ribu. Dia berjualan mulai pukul 15.00 hingga pukul 22.00. ’’Saat puasa seperti ini, paling ramai ya ketika ngabuburit,’’ katanya. Sofyan biasanya sudah menyiapkan bahan-bahan yang sudah diblender. ’’Kalau ada yang beli, tinggal ditambahka­n es,’’ ungkapnya. Namun, dia juga menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan dalam bentuk utuh atau siap diolah sebagai tambahan.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SEGELAS KESEGARAN: Minuman perpaduan degan dan kacang tanah ini pas untuk berbuka puasa.
GHOFUUR EKA/JAWA POS SEGELAS KESEGARAN: Minuman perpaduan degan dan kacang tanah ini pas untuk berbuka puasa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia