Jawa Pos

Bangun Halte Baru untuk Suroboyo Bus

-

SURABAYA – Belum semua titik pemberhent­ian Suroboyo Bus memiliki halte. Untuk sementara, pemkot masih memasang tanda pemberhent­ian atau bus stop biasa. Namun, pemkot merencanak­an pembanguna­n halte tersebut tahun ini. Bahkan, sebagian halte mulai dibangun.

Contohnya, halte frontage road Ahmad Yani Dukuh Menanggal di selatan. Saat ini di titik tersebut sedang dibangun halte sepanjang 4 meter.

Halte itu akan menjadi titik pemberhent­ian untuk rute Suroboyo Bus menuju ke utara. Untuk rute sebaliknya, dari utara ke selatan, dinas perhubunga­n juga menyiapkan satu titik yang siap dibangun halte baru. Tepatnya di depan RSAL yang kini baru dipasangi fondasi.

Kabid Sarana dan Prasarana Dishub Surabaya Fauzi M. Yos mengatakan, total akan ada 14 halte baru yang dibangun. Sebagian berada di wilayah Surabaya Selatan yang belum memiliki tempat khusus untuk menaikturu­nkan penumpang Suroboyo Bus. ”Kalau di tengah kota, kan sudah ada semua. Tinggal yang di sekitar FR ini yang akan dibangun,” jelas Yos kemarin (31/5).

Sepanjang rute Suroboyo Bus, ada 43 titik pemberhent­ian. Belasan di antaranya belum dilengkapi halte bus dengan fasilitas memadai. Misalnya, tempat duduk atau tong sampah untuk menampung sampah plastik pembayaran bus. Namun, halte-halte sementara yang diberi tanda bus stop sudah masuk dalam sistem aplikasi Gobis sehingga penumpang tetap bisa memantau waktu kedatangan bus di halte tersebut.

Yos menuturkan, penampilan halte-halte baru akan dibuat berbeda dengan halte yang sudah ada. ”Kami ingin menonjolka­n identitas. Ciri khasnya lewat desain halte itu,” paparnya. Namun, dia memastikan bahwa fasilitas yang disediakan akan sama dan sesuai dengan standar halte pada umumnya.

Selain di depan Bank Mandiri, ada sekitar lima halte lagi yang tersedia di sepanjang rute menuju ke utara. Di antaranya, di depan kantor Diskominfo Jatim dan Pusvetma menjelang Royal Plaza.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? ANYAR: Halte baru Dukuh Menanggal sedang dibangun.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS ANYAR: Halte baru Dukuh Menanggal sedang dibangun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia