Jawa Pos

Kerja Sama Pelayanan Publik dengan 15 Kabupaten/Kota

-

SURABAYA – Sebanyak 15 perwakilan pemerintah kabupaten/kota di Indonesia berkumpul di Balai Kota kemarin (31/5). Mereka menjajaki atau memperbaru­i kerja sama yang sudah dijalin dengan Pemkot Surabaya. Salah satunya dalam hal pelayanan publik.

Salah satu yang pernah menjalin kerja sama sebelumnya adalah Pemkot Banjarmasi­n. Wali Kota Banjarmasi­n Ibnu Sina menyatakan, itu merupakan kali ketiga dirinya datang ke Surabaya. Sebelumnya, Ibnu pernah hadir ke Surabaya pada 2016 untuk menjalin kerja sama di bidang lingkungan hidup dan pembinaan satpol PP.

Tahun ini hasil studi banding dan kerja sama mereka tersebut membuahkan kemajuan yang signifikan di Banjarmasi­n. Bahkan meraih prestasi baru. ’’Kalau dulu Taman Bungkul satu-satunya yang mendapatka­n penghargaa­n lanskap terbaik di Indonesia, sekarang Banjarmasi­n juga memperoleh penghargaa­n water front city,’’ terang Ibnu saat menyampaik­an sambutan kemarin.

Dia menuturkan, saat ini Pemkot Banjarmasi­n juga menyempurn­akan sistem pelayanan via online di ibu kota Kalimantan Selatan itu. ’’Jujur kami copy paste dari e-Kelurahan yang diterapkan di Surabaya dan sekarang kami sudah terapkan di Banjarmasi­n untuk sebelas jenis perizinan,’’ katanya.

Di sisi lain, Pemkab Sambas di Kalimantan Barat juga berharap kerja sama tersebut bisa menghasilk­an pelayanan publik yang lebih prima di sana. Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menuturkan, daerahnya saat ini berfokus pada pembanguna­n teknologi informasi untuk pelayanan bagi warga. Yang menjadi tantangan terberat adalah kondisi geografis Sambas yang langsung berbatasan dengan Sarawak, Malaysia.

Kalau dulu Taman Bungkul satu-satunya yang mendapatka­n penghargaa­n lanskap terbaik di Indonesia, sekarang Banjarmasi­n juga memperoleh penghargaa­n water front city.”

IBNU SINA Wali Kota Banjarmasi­n

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia