Jawa Pos

Belajar Sejarah lewat Board Game

-

SURABAYA – Bagi sebagian anak-anak, belajar sejarah membosanka­n. Namun, Martha Kristianti Yuwono membuat cara yang mengasyikk­an agar anakanak tertarik. Salah satunya, melalui permainan board game Wilwatikta.

Board game tersebut hampir mirip dengan permainan monopoli. Namun, cara bermainnya sangat berbeda. Setiap anak akan mendapatka­n tantangan untuk menebak urutan cerita pada kartu sesuai dengan kronologi kejadian sejarah Majapahit. Para pemain akan mengurutka­nnya di atas papan Wilwatikta.

Setiap urutan cerita yang benar akan mendapatka­n poin untuk menjalanka­n koin. Dalam permainan tersebut, siswa diajak mengingat kembali urutan sejarah kerajaan Majapahit.

Martha mengatakan, board game

atau permainan papan sangat booming

di kalangan anak-anak. Karena itu, mahasiswa program Kekhususan Multimedia Prodi Informatik­a Fakultas Teknik Universita­s Surabaya (Ubaya) itu membuat board game dengan konten yang mendidik. Proyek pertama yang dibuat adalah permainan papan Wilwatikta tentang cerita Kerajaan Majapahit. ’’Saya kepikiran bikin permainann­ya yang bisa mengasah skill

anak-anak,’’ katanya.

Di dalam permainan papan yang dibuat tersebut terdapat lima masa. Yakni, berdirinya kerajaan, era pemerintah­an Raden Wijaya, masa Jayanegara, masa Tribhunawa­na Tunggadewi, dan masa Hayam Wuruk.

Martha menjelaska­n, untuk membuat konten dalam permainan papan tersebut, dirinya harus mewawancar­ai dengan guru kelas V yang mengajar materi tentang sejarah Majapahit. Selain itu, dia mendalami cerita Majapahit di dalam novel. ’’Permainan tersebut ditujukan untuk siswa kelas V yang sudah mendapatka­n materi tersebut. Saya juga membaca buku paket sejarah kelas V,’’ ujarnya.

Martha menuturkan, banyak pembelajar­an atau nilai yang bisa dipetik dalam sejarah. Warga Indonesia harus bisa memperjuan­gkan persatuan dan kesatuan. ’’Di dalam kisah Kerajaan Majapahit, ada sumpah palapa yang diucapkan Gajah Mada, Bhinneka Tunggal Ika, dan cinta tanah air. Supaya menanamkan nilai-nilai tersebut kepada anak-anak,’’ ucapnya.

 ?? SEPTINDA AYU/JAWA POS ?? CERITA KERAJAAN MAJAPAHIT: Martha Kristianti bermain board game Wilwatikta dengan anak-anak di kampus Universita­s Surabaya (Ubaya).
SEPTINDA AYU/JAWA POS CERITA KERAJAAN MAJAPAHIT: Martha Kristianti bermain board game Wilwatikta dengan anak-anak di kampus Universita­s Surabaya (Ubaya).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia