Jawa Pos

Bikin Lagu 1,5 Jam

Proyek Raisa yang Sangat Personal

-

JAKARTA – Raisa Andriana dikenal dengan lagu-lagu cinta romantisny­a. Bagi Raisa, cinta selalu menjadi tema lagu yang tidak pernah habis dieksplora­si. ”Cinta itu bisa untuk pasangan, sahabat, lingkungan, dan keluarga,” kata Raisa kemarin (31/5) saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Terinspira­si dari rasa cintanya kepada keluarga, Raisa merilis single baru Lagu Untukmu. Lagu yang beredar sejak 25 Mei itu merupakan ungkapan kerinduan Raisa kepada sang bunda, Ria Mariaty. ”Ibu aku sekarang kan di Bandung, sedangkan aku lebih sering di Jakarta. Jarang ketemu,” cerita istri Hamish Daud tersebut.

Dalam lagu dengan iringan gitar dan alunan musik slow itu, Raisa menceritak­an sosok Ria. ”Dia selalu nanyain kabar aku dan menyambut aku dengan hangat kalau ketemu,” kata Raisa.

Menurut perempuan 27 tahun tersebut, kerinduan anak yang sudah dewasa dan menikah kepada ibunya tecermin dalam lagu itu. ”Rindu aku sama ibu pas kecil sama sekarang beda. Sekarang itu rindunya dalam banget,” ujar pemilik label Juni Records tersebut.

Raisa mengungkap­kan bahwa Lagu Untukmu tercipta tanpa perencanaa­n. Beberapa bulan lalu, tiba-tiba Raisa merasa sangat kangen dengan ibunya karena sudah tiga bulan tak bertemu. Ditambah lagi, Ria sering menghubung­i Raisa via telepon atau video call untuk sekadar bertanya kabar. Terlebih, Ria dan Raisa memang sangat dekat layaknya sepasang sahabat.

Karena kedekatan itu, Raisa tak mengalami kesulitan menulis lirik dan menggubah musik. Lagu tersebut diciptakan dalam waktu 1,5 jam saja. ”Aku terbantu dengan video-video inspiratif dari YouTube saat membuat lagu, jadi prosesnya lebih cepat,” kata pelantun Usai di Sini itu.

Dalam proses menulis lirik dan menggubah musik lagu tersebut, Raisa tidak mempertimb­angkan potensi chart atau viewer lagu itu. ”Ini proyek single yang sangat personal buat aku dan aku bikinnya benar-benar karena lagi kangen sama ibu,” tuturnya.

Saat pertama mendengar lagu yang diciptakan­nya sendiri, dia menangis. Kerinduan pada ibunya semakin menggebu. Raisa pun memperdeng­arkan lagu tersebut kepada Ria. Seperti Raisa, Ria menangis terharu. ”Kami langsung ngobrol di telepon sambil nangis saking kangennya satu sama lain,” ungkap Raisa.

Bagi Raisa, merilis lagu tentang cinta pada keluarga pada bulan Ramadan sangat pas. ”Habis ini Lebaran, aku dan para pendengar lagu ini kan mudik untuk ketemu keluarga, termasuk ketemu ibu,” jelasnya.

Klip video untuk Lagu Untukmu

pun sudah dirilis. Konsep yang sederhana memperkuat pesan kerinduan Raisa kepada ibunya. Sesekali, ada adegan tangan anak kecil yang digandeng ibunya. Ada pula potongan video saat Raisa meminta restu kepada sang bunda ketika hendak menikah dengan Hamish pada 3 September 2017.

Dengan dirilisnya Lagu Untukmu,

Raisa ingin para pendengarn­ya lebih menghargai hubungan dengan orang tua. Dia berharap lagu tersebut menjadi pengingat tentang kenangan manis seseorang dengan ibunya. ”Ibu itu sosok yang paling membuat aku nyaman dan aku bangga banget sama beliau,” ungkapnya.

 ?? ISSAK RAMDHANI/JAWA POS ?? PENUH PERASAAN: Raisa menceritak­an Lagu Untukmu kemarin.
ISSAK RAMDHANI/JAWA POS PENUH PERASAAN: Raisa menceritak­an Lagu Untukmu kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia