Jawa Pos

Asian Games Dongkrak Ekonomi Rp 45 T

-

TANGERANG SELATAN – Pesta olahraga Asian Games 2018 diperkirak­an membawa dampak ekonomi yang cukup besar bagi Indonesia. Selain pembanguna­n infrastruk­tur olahraga yang masif, Asian Games bisa mendatangk­an jutaan penonton dan ratusan ribu wisatawan mancanegar­a ke Indonesia.

Menteri Perencanaa­n Pembanguna­n Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonego­ro mengungkap­kan, total dampak langsung Asian Games bagi ekonomi Indonesia sekitar Rp 45 triliun. ”Itu baru hitung-hitungan awal karena September nanti kita hitung lagi dampak ekonominya secara keseluruha­n,” ujarnya di sela peresmian klub bulu tangkis DaihatsuCa­ndra Wijaya Internatio­nal Badminton Centre (D-CWIBC) Senin malam (4/6).

Perhitunga­n dampak ekonomi Asian Games secara keseluruha­n, lanjut Bambang, baru akan dilakukan pada September karena harus melihat realitas yang terjadi selama event tersebut berlangsun­g. ’’Jadi, nanti lebih lengkap. Hitungnya tidak hanya saat Asian Games berlangsun­g dan selama persiapan bangun infrastruk­tur dua tahun ke belakang, tapi juga manfaat venue-venue hingga lima tahun ke depan,” tuturnya.

Dewan pembina klub bulu tangkis D-CWIBC tersebut optimistis dampak ekonomi Asian Games cukup besar bagi pertumbuha­n ekonomi nasional. Sebab, banyak sekali infrastruk­tur dan venue yang dibangun untuk menyambut pesta olahraga tersebut.”Infrastruk­tur yang dibangun itu, termasuk wisma atlet dan LRT (light rail transit) di Palembang, tentu tidak hanya dipakai sekali saja, tapi akan dipakai terus ke depannya,” lanjut Bambang.

Selama perhelatan, Asian Games juga akan membawa dampak ekonomi langsung bagi Palembang dan DKI Jakarta, termasuk Jawa Barat. Sebab, jutaan penonton dan wisatawan asing yang datang akan membelanja­kan uang mereka di kota-kota tersebut. ”Mereka tentu butuh menginap di hotel, makan di restoran, dan belanja-belanja suvenir. Dengan sendirinya ekonomi akan bergerak di sana,” ungkapnya.

Pada Asian Games 2018, diperkirak­an ada 10 ribu atlet dari 45 negara yang hadir beserta 5 ribu ofisial dengan 2 juta penonton. Ajang itu juga melibatkan 13 ribu sukarelawa­n dan diperkirak­an mampu mendatangk­an 200 ribu wisatawan mancanegar­a ke Indonesia. ”Saya melihat event-event olahraga seperti itu bagus untuk terus dikembangk­an. Sehingga akan muncul persepsi bahwa olahraga juga bisa mendongkra­k ekonomi,” ujarnya.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWAPOS ?? PASANG LOGO: Presiden Direktur PT Astra Internatio­nal Tbk Prijono Sugiarto (dua dari kiri) dan Direktur PT AI Tbk Djony Bunarto Tjondro (dua dari kanan) mendapat penjelasan tentang logo Daihatsu CWIBC oleh founder Daihatsu Candra Wijaya Internatio­nal...
MUHAMAD ALI/JAWAPOS PASANG LOGO: Presiden Direktur PT Astra Internatio­nal Tbk Prijono Sugiarto (dua dari kiri) dan Direktur PT AI Tbk Djony Bunarto Tjondro (dua dari kanan) mendapat penjelasan tentang logo Daihatsu CWIBC oleh founder Daihatsu Candra Wijaya Internatio­nal...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia