Jawa Pos

Bandara Internasio­nal Ahmad Yani Beroperasi

-

SEMARANG kini memiliki bandara internasio­nal. Itu bersamaan dengan diresmikan­nya terminal baru Bandara Ahmad Yani kemarin (6/6)

Mampu menampung 6 juta penumpang per tahun, terminal bandara megah tersebut bisa membantu kelancaran arus mudik dan balik di Jawa Tengah.

Dibandingk­an dengan terminal lama, kapasitas terminal Bandara Internasio­nal Ahmad Yani itu sembilan kali lebih besar. Tersedia 30 konter untuk check in, plus 6 unit self check in. Penerbanga­n pertama dari terminal baru kemarin adalah Garuda GA 231 pada pukul 06.00. Sedangkan pesawat yang landing pertama kemarin adalah Citylink QG 140 pada pukul 06.20.

”Untuk Garuda pukul 06.00 menuju Jakarta, sedangkan pesawat yang datang adalah pesawat Citilink QG 140 dari Jakarta ke Semarang pada pukul 06.20,” kata Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I Devy Suradji kepada Jawa Pos Radar Semarang.

GM Angkasa Pura I Indah Preastuti menyatakan, pengoperas­ian terminal Bandara Internasio­nal Ahmad Yani berjalan lancar. Beberapa penumpang masih bingung karena belum familier dengan terminal baru. Namun, masih dalam batas kewajaran. Pada hari perdana, terminal dibuka mulai pukul 04.07.

”Memang ada sebagian fasilitas pendukung yang belum sempurna. Namun, operasiona­l terminal bisa berjalan dengan baik,” kata Indah.

Per hari, total akan ada 130 penerbanga­n di Bandara Inter- nasional Ahmad Yani. Salah seorang penumpang, Sudirman Said, menyatakan senang dengan beroperasi­nya terminal baru. ”Adanya terminal yang baru ini dapat menjadi pendorong bagi perekonomi­an. Bagaimanap­un, ini bandara terbesar di Jawa Tengah,” katanya.

Sementara itu, rencananya hari ini Presiden Joko Widodo meresmikan terminal baru Bandara Internasio­nal Ahmad Yani. Upacara yang rencananya dilakukan pukul 15.00 itu, menurut Devy, tidak akan mengganggu aktivitas penerbanga­n.

”Pak Presiden nanti datang mengikuti alur seperti tamu. Jadi, tidak akan mengganggu aktivitas bandara. Nanti pintu depan tentu diatur sedikit,” jelas Devy.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia