Jawa Pos

LORENZO-MARQUEZ SATU TIM

Petrucci Merapat ke Ducati

-

MUGELLO – Tidak butuh waktu lama bagi Repsol Honda untuk memutuskan siapa pengganti Dani Pedrosa. Sehari setelah mengumumka­n masa kerja Pedrosa berakhir pada 2018, tim pabrikan Jepang itu kemarin resmi memperkena­lkan pendamping baru Marc Marquez pada 2019. Dia adalah pembalap Ducati Jorge Lorenzo.

Masuknya Lorenzo membuat Honda mendapat pengganti terbaik untuk slot yang ditinggalk­an Pedrosa. Dua nama besar di Moto

GP kini resmi bernaung dalam tim tersebut.

Bagaimana tidak, Marquez dan Lorenzo merupakan penguasa gelar MotoGP dalam enam tahun terakhir. Lorenzo resmi diikat dua musim. ’’Mulai 2019, Lorenzo akan menjadi rekan setim juara MotoGP empat kali Marc Marquez,’’ tulis Repsol Honda dalam pernyataan resmi mereka kemarin sebagaiman­a dilansir Motorsport.

’’Dua orang juara dengan talenta luar biasa akan berada di tim ini. Harapan besar datang untuk membuat tim ini lebih kuat dan membuat HRC (Honda Racing Corporatio­n) makin berkembang,’’ tambah mereka.

Namun, memiliki dua pembalap yang sama-sama punya nama besar bukan perkara mudah. Sudah banyak kasus perseterua­n sengit dua pembalap yang bernaung dalam satu tim. Salah satu contoh yang belum lama terjadi adalah hubungan panas dingin Valentino Rossi dengan Lorenzo saat masih membela Movistar Yamaha.

Untungnya, Lorenzo dan Marquez berasal dari negara yang sama, Spanyol. Kedekatan sesama pembalap Negeri Matador diharapkan mampu membuat keduanya lebih bisa memahami satu sama lain jika saja nanti muncul konflik.

Apalagi, dari awal, Marquez sudah berjanji tidak pilih-pilih untuk urusan rekan setim. Juara bertahan berusia 25 tahun tersebut menyatakan tidak takut jika suatu saat nanti tak lagi menjadi pembalap prioritas Honda. Bahkan, dalam satu kesempatan, dia pernah menyatakan mengingink­an seorang rekan setim yang paling kuat di MotoGP.

Kehadiran Lorenzo di Honda membuatnya memiliki peluang sebagai pembalap pertama yang sanggup menjadi juara dengan menunggang­i tiga motor berbeda di MotoGP. Saat membela Yamaha (2008–2016), Lorenzo tercatat 44 kali menjuarai balapan. Bersama Ducati dalam dua musim terakhir, Lorenzo baru sekali naik podium tertinggi, yakni di Mugello pekan lalu (3/6).

Sementara itu, Ducati juga langsung mendapat sosok pengganti Lorenzo. Kemarin tim pabrikan asal Italia itu mengumumka­n bahwa pembalap baru mereka musim depan adalah rider Pramac Racing asal Italia Danilo Petrucci. ’’Suatu kehormatan mampu menjadi bagian tim Ducati. Terutama bagi saya yang mengawali karir di tim ini sebagai test rider,’’ ucap Petrucci, dilansir Motorsport.

 ?? ALESSANDRO BIANCHI/REUTERS ??
ALESSANDRO BIANCHI/REUTERS
 ?? MOTOGP ?? BELUM HABIS: Pembalap Ducati Jorge Lorenzo secara mengejutka­n dipilih Repsol Honda sebagai pengganti Dani Pedrosa untuk musim balap MotoGP 2019.
MOTOGP BELUM HABIS: Pembalap Ducati Jorge Lorenzo secara mengejutka­n dipilih Repsol Honda sebagai pengganti Dani Pedrosa untuk musim balap MotoGP 2019.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia