Jawa Pos

Buka Pasar Furnitur Global

-

SURABAYA – Emiten yang bergerak di bisnis furnitur, PT Integra Indocabine­t Tbk, tahun ini optimistis bisa meraih pertumbuha­n penjualan sebesar 20 persen. Finance Director Integra Indocabine­t Wang Sutrisno mengatakan, ada beberapa proyek yang menopang target tersebut. Salah satu di antaranya, proyek pembuatan furnitur Wisma Atlet Palembang.

Tahun lalu perseroan juga telah menggarap sektor pendidikan, yaitu pengerjaan bangku sekolah senilai Rp 70 miliar. ’’Tahun ini kami ada proyek lagi bangku sekolah senilai Rp 100 miliar. Selain itu, ada wisma atlet serta proyekproy­ek hotel baru dari mulai bintang tiga hingga bintang empat di wilayah Balikpapan, Makassar, dan Bali,’’ katanya.

Wang menambahka­n, hingga kini pasar yang dilayani Integra masih didominasi ekspor. Komposisi ekspor sebesar 70 persen dan sisanya adalah domestik. Market ekspor kami adalah Amerika Serikat 42 persen, Eropa 14 persen, Asia 12 persen, serta Australia dan Afrika 0,7 persen,’’ paparnya. Permintaan furnitur global, dikatakan Wang, akan naik signifikan ketika menjelang perayaan Thanksgivi­ng Day dan Natal.

Untuk mendukung target pertumbuha­n penjualan tahun ini, Integra juga berencana membuka pasar baru untuk memperluas jaringanek­spor.Pihaknyate­lahmenjaja­ki pasar Asia Timur dan Timur Tengah. ’’Kami lihat cukup menjanjika­n. Tahun ini sudah dijajaki. Mungkin realisasin­ya pada akhir tahun atau tahun depan,’’ ungkapnya.

Untuk mempersiap­kan pasar baru tersebut, emiten berkode saham WOOD itu akan menambah kapasitas produksiny­a. Kapasitas terpasang di pabrik WOOD tahun lalu 130 ribu meter kubik untuk produk building component. Sedangkan untuk produk furnitur, kapasitasn­ya 35 ribu meter kubik. Targetnya, tahun ini kapasitas terpasang dua produk tersebut bisa naik, masingmasi­ng menjadi 140 meter kubik dan 38 meter kubik.(car/c4/sof

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? PRODUKSI: Direktur Pemasaran PT Integra Indocabine­t Tbk Widjaja K., Clarissa Rusli, dan Direktur Keuangan Wang Sutrisno di Sidoarjo kemarin.
FRIZAL/JAWA POS PRODUKSI: Direktur Pemasaran PT Integra Indocabine­t Tbk Widjaja K., Clarissa Rusli, dan Direktur Keuangan Wang Sutrisno di Sidoarjo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia