Jawa Pos

Penjualan Segmen SUV Melaju

Ditopang Model Baru dan Pasar Ekspor

-

JAKARTA – Permintaan kendaraan roda empat masih menunjukka­n tren positif hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri. Di segmen SUV (sport utility vehicle), Honda Prospect Motor membukukan peningkata­n penjualan sebesar 79 persen selama periode Januari–Mei 2019.

Model Honda CR-V dan Honda HR-V 1.8L memberikan kontribusi pada segmen tersebut dengan membukukan penjualan masingmasi­ng 5.132 unit dan 2.241 unit pada lima bulan pertama tahun ini. ”Kenaikan di segmen SUV terutama didorong penyegaran model All New Honda CR-V yang menerima respons positif dari konsumen,” kata Marketing and Aftersales Service Director HPM Jonfis Fandy kemarin (6/6).

”Untuk mempertaha­nkan tren ini, kami akan melakukan penyegaran produk-produk Honda pada semester kedua nanti,” imbuhnya. Sementara itu, di segmen LSUV, Honda HR-V 1.5L mencatat penjualan 13.558 unit dan Honda BR-V 1.651 unit pada Januari–Mei 2018.

Pada periode yang sama, Honda Mobilio di segmen LMPV juga menorehkan penjualan hingga 10.415 unit. ”Kami telah melewati lima bulan pertama di tahun ini dengan positif. Penjualan mengalami peningkata­n di beberapa segmen bila dibandingk­an dengan tahun lalu,” urai Jonfis.

Di sisi lain, segmen SUV Toyota Total Penjualan (unit) pun memberikan kontribusi positif. Di pasar domestik, Toyota Fortuner mencatat penjualan 6.604 unit pada periode Januari–April 2018. Produk tersebut juga menjadi andalan Toyota di pasar ekspor.

PT Toyota Motor Manufactur­ing Indonesia (TMMIN) menyebutka­n, selama Januari–April 2018, penjualan cukup menggembir­akan. ”Toyota Fortuner booming di negara tetangga seperti Vietnam dan Filipina. Dalam empat bulan penjualann­ya sudah mencapai 16 ribu unit,” ujar Wakil Presiden Direktur TMMIN Edward Otto Kanter.

Tahun lalu TMMIN berhasil mengapalka­n sekitar 200 ribu unit mobil Toyota. Menurut Edward, Toyota menargetka­n penjualan yang lebih banyak tahun ini daripada 2017. ”Kinerja ekspor untuk mobil premium akan terus kami tingkatkan. Kami menargetka­n bisa naik 10 persen daripada tahun lalu. Sekarang baru sekitar 66 ribu unit,” katanya.

Selain Toyota Fortuner, TMMIN mengekspor beberapa model lain dalam bentuk utuh atau completely built-up (CBU). Di antaranya, Vios, Innova, Sienta, Yaris, Avanza, dan Rush.

 ?? STRINGER/REUTERS ??
STRINGER/REUTERS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia