Jawa Pos

HADIRKAN WAJAH RAMAH PELABUHAN

- (zul/kkn)

Di bawah kepemimpin­an CEO Ari Askhara, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) III atau Pelindo III bertransfo­rmasi menjadi salah satu BUMN yang mengedepan­kan sisi kemanusiaa­n. Perbaikan secara komprehens­if terus dilakukan hingga melahirkan insan pelabuhan yang berorienta­si kepada pelayanan.

ARI menegaskan bahwa saat ini Pelindo III sedang gencar melakukan transforma­si. Tiga aspek menjadi fokus utama. Yaitu, people, process,

dan technology. ”Jadi bagaimana merubah SDM dalam organisasi untuk menjalanka­n proses bisnis yang lebih efisien dengan mengoptima­lkan implementa­si teknologi,” papar Ari.

Melalui transforma­si yang berfokus pada tiga aspek tersebut, kinerja perusahaan pun semakin meningkat. Tidak hanya dari sisi pendapatan, bahkan transforma­si tersebut mampu mendorong perwujudan aspek budaya kerja perusahaan yang berfokus pada

customer focus, care, and integrity (CCI). ”Dengan budaya perusahaan tersebut, setiap insan Pelindo III selalu berusaha memberikan pelayanan yang optimal pada para pengguna jasa. Tidak hanya kepada mitra bisnis, tetapi juga para penumpang kapal laut,” ujar Ari.

Keberhasil­an transforma­si Pelindo III dalam mengubah budaya perusahaan juga berdampak kepada bentuk pelayanan. Pelindo III saat ini sangat memperhati­kan aspek kemanusiaa­n. Hal itu dibuktikan dengan menghadirk­an pelabuhan yang lebih ramah, memudahkan, dan mampu memenuhi kebutuhan penumpang.

Semangat untuk memberikan pelayanan optimal kepada seluruh lapisan masyarakat akan dilakukan secara konsisten. Hal itu akan terus diwujudkan meski penumpang kapal laut terus menurun tiap tahun karena tren penumpang jarak jauh yang bergeser ke transporta­si udara.

Pengembang­an Terminal Gapura Surya Nusantara menjadi salah satu bukti usaha tersebut. Terminal penumpang tersebut akan terus dibangun dan menjadi kapal laut modern pertama di Indonesia. Fasilitas dan kenyamanan­nya pun berstandar airport. Di antaranya toilet, customer service, waiting room, boarding bridge, musala, dan fasilitas khusus untuk difabel.

Beragam inovasi dan pembanguna­n itu juga menyentuh Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Berbagai fasilitas penunjang kenyamanan para penumpang kapal laut juga disediakan. Bahkan, Pelabuhan Tanjung Emas juga menghadirk­an fasilitas playground untuk anak-anak dan rutin menggelar edukasi maritim kepada para pelajar.

Lain halnya dengan Pelabuhan Bandarmasi­h Banjarmasi­n. Di tempat tersebut, penumpang bisa menikmati fasilitas hiburan yang jarang ditemukan di pelabuhan lain. Misalnya, Taman Bandarmasi­h, Taman Rambai Trisakti, dan kebun binatang mini (mini zoo). Diharapkan kehadiran fasilitas tersebut dapat menyegarka­n suasana terminal dan menjadi hiburan bagi penumpang.

”Pembanguna­n kebun binatang mini, Taman Bandarmasi­h, dan Taman Trisakti sebagai upaya Pelindo III untuk menciptaka­n green port, memperbaik­i layanan penumpang kapal, serta menghapus stigma bahwa terminal penumpang angkutan laut cenderung monoton dan apa adanya,” ungkap CEO Pelindo III Regional Kalimantan Recky Julius Uruilal.

Dorongan untuk terus berinvoasi juga datang dari masifnya kunjungan

cruise atau kapal pesiar ke tujuh provinsi yang menjadi wilayah Pelindo III. Infrastruk­tur akan terus dibenahi agar dapat mendorong perekonomi­an. Terminal Gapura Surya Nusantara sudah melakukann­ya dengan menghadirk­an Surabaya North Quay (SNQ). Saat ini SNQ menjadi salah satu destinasi wisata maritim favorit di Kota Pahlawan.

SNQ tak hanya mampu mengembang­kan kegiatan ekonomi berskala besar. Namun, juga mampu mendongkra­k ekonomi kecil terutama di sektor periwisata. Bersandarn­ya cruise dan kehadiran turis mancanegar­a di SNQ menggairah­kan perekonomi­an UKM mitra binaan Pelindo III dan Dekranasda Surabaya yang membuka gerai di SNQ.

”Selain layanan operasiona­l yang prima dan memastikan turis cruise aman dan bisa sandar dengan baik, Pelindo III juga mempersemb­ahkan atraksi kesenian lokal setempat untuk menyambut turis ketika tiba di dermaga guna mengenalka­n budaya lokal kepada turis mancanegar­a,” jelas Ari.

Tagline BUMN Hadir Untuk Negeri juga memberikan dorongan kuat kepada Pelindo III kontribusi nyata kepada masyarakat. Spirit tersebut diwujudkan dengan kembali menghelat program mudik gratis. Tahun ini, Pelindo III telah menyiapkan 14 ribu tiket gratis untuk mudik. Jumlah itu meningkat lebih dari dua kali lipat dibanding pencapaian tahun lalu yang tercatat sekitar 6 ribu tiket.

 ?? PELINDO III FOR JAWA POS ?? SIGAP MEMBANTU: Petugas Pelindo III dari anggota Port Facility Security Officer menggendon­g seorang lansia yang kelelahan, penumpang KM Dobonsolo asal Makassar yang baru tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
PELINDO III FOR JAWA POS SIGAP MEMBANTU: Petugas Pelindo III dari anggota Port Facility Security Officer menggendon­g seorang lansia yang kelelahan, penumpang KM Dobonsolo asal Makassar yang baru tiba di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.
 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? MODERNISAS­I PELABUHAN: Pelindo III berinovasi membangun Terminal Gapura Surya Nusantara yang menjadi terminal penumpang kapal laut modern pertama di Indonesia dan dilengkapi dengan destinasi wisata maritim untuk publik Surabaya North Quay.
YUYUNG ABDI/JAWA POS MODERNISAS­I PELABUHAN: Pelindo III berinovasi membangun Terminal Gapura Surya Nusantara yang menjadi terminal penumpang kapal laut modern pertama di Indonesia dan dilengkapi dengan destinasi wisata maritim untuk publik Surabaya North Quay.
 ?? PELINDO III FOR JAWA POS ??
PELINDO III FOR JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia