Jawa Pos

BENAHI 11 TERMINAL PENUMPANG KAPAL

- (zul/xav)

PELINDO III memiliki peran penting dalam menciptaka­n perubahan. Senada dengan visinya To Be a Business Leader in Port,

Pelindo III terus berkomitme­n untuk meningkatk­an pelayanan dengan menghadirk­an beragam infrastruk­tur transporta­si berkualita­s bagi penumpang kapal laut.

Gebrakan besar dilakukan Pelindo III pada awal tahun ini. BUMN yang mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di tujuh provinsi itu berencana membangun dan merenovasi 11 terminal penumpang kapal laut, khususnya di kawasan Timur Indonesia.

CEO Pelindo III Ari Askhara menuturkan pembanguna­n terminalte­rminal penumpang di beberapa pelabuhan kecil itu merupakan salah satu hal yang mutlak dan penting. Sebab, upaya tersebut mampu memberikan pelayanan optimal yang terstandar­isasi bagi penumpang kapal. ’’Hal itu bisa meningkatk­an layanan sehingga transporta­si laut menjadi lebih aman dan nyaman,’’ tegas Ari.

Beberapa pelabuhan tersebut yaitu Maumere, Ende, Ippi, Kupang, Waingapu, dan Kalabahi. Semuanya berlokasi di Nusa Tenggara Timur. Di sisi barat ada Bima Nusa Tenggara Barat dan Benoa Bali yang juga akan mendapat direnovasi. Sedangkan di Kalimantan, ada Batulicin, Sampit, dan Kumai. Empat pelabuhan penumpang Kumai, Kupang, Bima, dan Maumere ditargetka­n selesai akhir 2019.

Dari sisi desain arsitektur, gedung terminal penumpang akan dibangun sesuai karakteris­tik budaya daerah setempat. Diharapkan, nantinya dapat menjadi bangunan ikonik gerbang laut pariwisata daerah. Tersedia

juga sarana dan prasarana transporta­si laut di beberapa wilayah demi menghadirk­an pelabuhan yang ramah penumpang.

Di Tanjung Perak, pada area Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara misalnya kini telah dilengkapi dengan toilet, customer service, waiting room,

boarding bridge, dan fasilitas khusus untuk difabel. Selain itu, tersedia fasilitas SNQ Capsule yang memberikan tempat tidur minimalis dan tertutup seperti di luar negeri. Berkat komitmen tersebut, Pelindo III pun mendapatka­n peningkata­n indeks kepuasan masyarakat setiap tahun.

 ?? PELINDO III FOR JAWA POS ?? GREEN PORT: Terminal Penumpang Bandarmasi­h Pelabuhan Banjarmasi­n dilengkapi dengan beberapa titik hijau dan asri.
PELINDO III FOR JAWA POS GREEN PORT: Terminal Penumpang Bandarmasi­h Pelabuhan Banjarmasi­n dilengkapi dengan beberapa titik hijau dan asri.
 ?? PELINDO III FOR JAWA POS ?? EDUKATIF: Di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelindo III menyediaka­n playground dan rutin menerima kunjungan edukasi maritim siswa sekolah.
PELINDO III FOR JAWA POS EDUKATIF: Di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Pelindo III menyediaka­n playground dan rutin menerima kunjungan edukasi maritim siswa sekolah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia