Jawa Pos

Maksimal Satu Jam di Rest Area

-

Jalan tol Kanci–Palimanan menjadi jalur favorit pemudik dari Jakarta. Setelah berkendara sekitar empat jam dari ibu kota, tentu pemudik memerlukan istirahat di tol sepanjang 26,3 km itu. Ada dua rest area yang tersedia dengan total kapasitas parkir masing-masing mencapai 500 kendaraan.

PENGALAMAN tahun-tahun sebelumnya, simpul kemacetan di tol Kanci–Palimanan yang ada di Cirebon justru terjadi di dua rest area. Yakni di Km 207 A di jalur arah Kanci dan Km 208 B di jalur arah Palimanan. Meski dua rest area tersebut terbilang luas, kendaraan yang antre untuk parkir bisa mengular hingga ke jalan tol.

Hal tersebut terjadi karena ketika masuk ke ruas tol Kanci–Palimanan, pengemudi memerlukan istirahat. Sebab, jarak dari Jakarta ke tol tersebut lebih dari 200 km. Tentu pengemudi membutuhka­n rehat sejenak sebelum melanjutka­n perjalanan.

Antisipasi terhadap kemacetan sudah disiapkan jauh-jauh hari untuk pengguna yang melewati jalan tol ruas Kanci– Palimanan. Persiapan di rest area Km 207 terlihat sejak bulan lalu. Di pintu masuk area ada petugas yang memasang semacam papan informasi digital untuk menunjukka­n kapasitas tempat parkir.

Di dalam rest area juga sudah ada papan-papan penunjuk arah. Pengemudi yang hanya ingin mengisi bahan bakar langsung diarahkan ke area SPBU. Sedangkan yang ingin lebih lama berhenti untuk istirahat dan makan diarahkan ke area kuliner. Masjid At Taqwa di rest area itu juga cukup nyaman untuk beribadah. Tersedia pula banyak toilet yang cukup bersih dan tentunya gratis. Separator plastik juga sudah ditata untuk memilah arus kendaraan.

Jasa Marga yang mengelola ruas tol bagian dari trans-Jawa sejak 1997 itu menyiapkan 500 slot area parkir untuk kendaraan kecil dan 50 slot untuk kendaraan besar. ’’Pengendara diberi batas waktu maksimal untuk istirahat 30 menit hingga satu jam. Sedangkan pada hari biasa dua jam. Nanti kami pasang RTMS (road traffic microwave system) dan kamera CCTV untuk menghitung kendaraan yang masuk,’’ ungkap Traffic Management Manager Tol Kanci–Palimanan Agus Hartoyo saat ditemui di kantornya 24 Mei lalu.

Pejabat yang akrab disapa Atoy itu menuturkan, bakal ada petugas khusus yang mengingatk­an pengendara untuk tidak berlama-lama di rest area. Petugas juga akan ditempatka­n di pintu masuk rest area untuk menghalau kendaraan bila tempat parkir penuh.

’’Untuk tenaga parkir nanti akan ditambah. Parkir gratis. Semua layanan di jalan tol atau di rest area gratis semua,’’ ungkap dia.

Pada musim mudik tahun lalu, pihak Jasa Marga memergoki tujuh orang yang melakukan pungli dengan meminta uang toilet di rest area. Mereka pun langsung diserahkan kepada petugas kepolisian. ’’Ditangkap dari polisi langsung dikandangk­an,’’ imbuh Agus.

Tempat parkir sementara juga disiapkan di Km 191 dengan daya tampung 75 kendaraan. Hanya ada fasilitas toilet dan musala. Tidak ada penjual makanan di tempat tersebut. ’’Saat (arus kendaraan) ramai akan ditutup. Jarak gerbang tol dengan parking bay cuma 3 kilometer. Apabila dibuka, lalu ke situ semua, akan membuat macet,’’ ujar pria asal Semarang tersebut.

Sementara itu, pintu tol yang perlu diwaspadai karena padat adalah di Ciperna Barat. Pintu tol itu menjadi favorit bagi pengendara yang ingin meneruskan perjalanan ke Kuningan dan Cirebon. Jasa Marga berencana menambah satu lajur gardu agar lebih maksimal. Alternatif lainnya, pengendara bisa memanfaatk­an gerbang tol Ciledug yang sudah masuk ruas tol Kanci–Pejagan.

’’Keluar ke Ciledug mengurangi kemacetan yang ada ke arah Kuningan. Kuningan jaraknya lebih dekat lewat Ciledug,’’ ungkap pria yang sudah 30 tahun berkarir di bidang jalan bebas hambatan itu.

Untuk jalur arus balik (arah Palimanan), juga telah dilakukan persiapan di rest area Km 208 B. Pihak Jasa Marga juga menyiapkan contraflow mulai Km 204 hingga Km 210 bila kondisi di sekitar dua rest area itu benar-benar macet.

’’Kami sudah siapkan semua peralatan untuk contraflow. Rubber cone sebanyak seribu buah, rambu panah, rambu ada contraflow, 500 meter ada contraflow, dan sebagainya,’’ terang Agus.

 ??  ??
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? INDAH: Ruas tol Kanci–Palimanan sepanjang 26,3 km dengan latar belakang Gunung Ciremai memanjakan mata para pengendara yang sedang melintas.
RAKA DENNY/JAWA POS INDAH: Ruas tol Kanci–Palimanan sepanjang 26,3 km dengan latar belakang Gunung Ciremai memanjakan mata para pengendara yang sedang melintas.
 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? LUAS: Rest area di Km 207 A di tol Kanci–Palimanan menjadi tempat yang pas bagi pemudik untuk melepas penat setelah mengemudi sejauh 200 km dari Jakarta.
RAKA DENNY/JAWA POS LUAS: Rest area di Km 207 A di tol Kanci–Palimanan menjadi tempat yang pas bagi pemudik untuk melepas penat setelah mengemudi sejauh 200 km dari Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia