Jawa Pos

Kenyang Empal Gentong, Berburu Batik Trusmi

-

BANYAK pilihan kuliner khas yang patut dicoba di sekitar Cirebon. Lokasinya tidak jauh dari pintu keluar Ciperna tol Kanci–Palimanan. Deretan makanan khas tersaji. Mulai empal gentong, empal asem, hingga nasi jamblang. Di jalanjalan utama Kota Cirebon menumenu itu juga mudah dijumpai.

Tapi, yang biasa menjadi jujukan biasanya warung-warung makan di sepanjang Jalan Ir H Juanda. Misalnya Empal Gentong Amarta dan Empal Gentong H Apud. Cita rasa yang khas dari empal gentong adalah perpaduan kuah kuning kecokelata­n dengan irisan daging sapi dan jeroan.

”Kuahnya empal gentong dari santan dan kunyit,” ujar Syuhada, anak pemilik Empal Gentong Amarta. Sesuai namanya, tempat memasak kuah empal itu adalah gentong.

Di warung makan tersebut juga tersedia empal asem. Perbedaan mendasarny­a adalah kuah empal asem lebih bening daripada empal gentong. Kuahnya diberi asem jawa dan belimbing wuluh. ”Kalau empal asem enaknya disantap siang hari. Karena kuahnya bening dan segar,” ucap Syuhada. Sedangkan empal gentong biasa disantap sore atau malam hari.

Pada saat musim arus mudik dan balik, rumah makan itu biasanya kebanjiran pelanggan. Bahkan harus antre. Lokasi parkirnya berada di pinggir jalan raya yang ramai. Tapi, kesabaran itu akan terbayar dengan nikmatnya semangkuk empal gentong dengan nasi hangat serta es teh atau es jeruk. ”Kalau pas Lebaran gitu biasanya sampai habis 70 kilogram daging per harinya,” ungkap Syuhada.

Cirebon juga menawarkan kawasan Batik Trusmi yang patut pula dikunjungi. Deretan toko batik khas Cirebon bisa menjadi jujukan. Misalnya motif paksi nagaliman, singobaron­g, awan atau mega mendung, dan beras tumpah. ”Kalau Lebaran, pengunjung­nya bisa melonjak lima kali lipat,” kata Fikri Jufri, store manager Batik Trusmi.

Lahan parkirnya bisa menampung 200 kendaraan kecil serta 50 bus. ”Pengunjung bisa berburu oleh-oleh lain seperti sirup Tjampolay atau kerupuk melarat khas Cirebon,” ujar Fikri yang sudah empat tahun bekerja di tempat tersebut.

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? OLEH-OLEH: Salah satu toko yang menjual batik Trusmi, batik khas Cirebon. Ada puluhan toko serupa di sentra batik di daerah Trusmi.
RAKA DENNY/JAWA POS OLEH-OLEH: Salah satu toko yang menjual batik Trusmi, batik khas Cirebon. Ada puluhan toko serupa di sentra batik di daerah Trusmi.
 ??  ?? DIJAMIN ENAK: Empal gentong dan empal asem menjadi pilihan kuliner khas Cirebon.
DIJAMIN ENAK: Empal gentong dan empal asem menjadi pilihan kuliner khas Cirebon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia