Jawa Pos

Bebas dari Lapas, Napi Teroris Pulang

-

BANYUWANGI – Setelah menjalani hukuman selama empat tahun, Adi Margono alias Gogon alias Adi Tukang Roti akhirnya bisa berkumpul kembali dengan keluargany­a. Selasa malam (5/6) narapidana kasus terorisme itu bebas bersyarat setelah menjalani hukuman di Lapas Kelas II-A Bojonegoro.

Pria berusia 50 tahun tersebut tinggal di Jalan Candi Simping, Kelurahan Penganjura­n. Kepulangan Adi Margono juga disambut aparat kepolisian, TNI, petugas kejaksaan, dan tokoh masyarakat sekitar. Meski menyandang predikat napi, masyarakat bisa menerima kehadiran pria yang pernah berjualan roti dan kerupuk rambak tersebut.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Banyuwangi Adonis mengatakan, narapidana terorisme yang divonis bersalah dengan hukuman lima tahun penjara itu sudah diantar pihak lembaga pemasyarak­atan. Bahkan, untuk penyerahan kepada pihak keluarga, Adi Margono diantarkan bersamasam­a pihak kepolisian, TNI-AD, dan kejaksaan.

”Sudah kami antar kepada pihak keluarga. Harapan kami, masyarakat bisa menerima. Yang bersangkut­an sudah menyadari atas perbuatann­ya bahwa tidak sesuai dengan agama. Yang paling penting masyarakat bisa menerima kehadiran Adi Margono,” tutur Adonis.

Kapolres AKBP Donny Adityawarm­an mengatakan, Adi Margono sudah diterima pihak keluarga dengan diantar petugas hingga ke dalam rumah orang tuanya di Kelurahan Penganjura­n. Pihaknya cukup senang dengan pernyataan yang bersangkut­an yang menyatakan siap bekerja sama dan membantu aparat untuk menyadarka­n rekanrekan­nya yang masih radikal. ”Tapi, tetap kami lakukan pemantauan dan pendekatan kepada yang bersangkut­an,” terang Donny.

Adi Margono divonis lima tahun penjara dan mendapatka­n pembebasan bersyarat (PB). PB diberikan setelah narapidana menjalani 2/3 hukuman.

Sebelumnya, Adi Margono terlibat kasus terorisme di Aceh sehingga divonis mejelis hakim 5 tahun penjara. Keinginann­ya kembali ke jalan yang benar itu pun dituangkan pada selembar surat pernyataan bermeterai dengan disaksikan Kalapas Bojonegoro kala itu.

 ?? JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? DITERIMA: Adi Margono (dua dari kiri) saat diantar ke rumah.
JAWA POS RADAR BANYUWANGI DITERIMA: Adi Margono (dua dari kiri) saat diantar ke rumah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia