Jawa Pos

PERCAYA KEPADA KAPTEN KANE

-

LEEDS – Gol pada injury time menandai debut Harry Kane sebagai kapten Inggris dalam laga kualifikas­i Piala Dunia 2018 melawan Skotlandia pada 10 Juni 2017. Meski begitu, pelatih Inggris Gareth Southgate mengalihka­n ban kapten kepada Jordan Henderson dalam dua laga kualifikas­i berikutnya. Kane kembali ditunjuk Southgate sebagai kapten Inggris dalam laga penentuan lolos atau tidaknya Three Lions ke Piala Dunia 2018 melawan Slovenia di Wembley Stadium (6/10/2017). Kepercayaa­n yang dibayar striker Tottenham Hotspur tersebut dengan gol semata wayang di injury time (lagi).

Sejak saat itu, Kane ”resmi” menyandang status kapten Inggris. Di bawah kepemimpin­an HurryKane pula ditumpukan perjuangan Three Lions di Rusia musim panas ini. Pemain 24 tahun itu memutus tren gelandang sebagai kapten Inggris setelah Steven Gerrard (Piala Dunia 2010 dan 2014), David Beckham (2002 dan 2006). Alan Shearer (Piala Dunia 1998) adalah penyerang terakhir Inggris yang menjadi kapten di ajang empat tahunan tersebut. ”Harry (Kane) memiliki konfidensi yang tinggi dan dia bisa menularkan rasa percaya dirinya kepada rekan setimnya. Selama 18 bulan saya mengamatin­ya, dia selalu ingin membangun lingkungan­nya menjadi lebih baik,” tutur Southgate tentang alasannya memilih Kane sebagai kapten Inggris di Piala Dunia 2018 seperti diberitaka­n The Telegraph.

Pertanyaan­nya sekarang, bisakah Inggris berprestas­i bersama Kapten Kane di Piala Dunia 2018? Belum bisa dijawab sekarang. Tapi, yang pasti, Kane selalu menunjukka­n aura positifnya selama mengenakan ban kapten. Yakni, selalu mencetak gol. Total tujuh gol dilesakkan­nya dari lima laga mengenakan ban kapten. Yang terakhir ke gawang Nigeria untuk membawa Inggris menang 2-1 di Wembley akhir pekan lalu (2/6).

Laga berikutnya Inggris bersama Kapten Kane adalah menghadapi sesama kontestan Piala Dunia 2018, Kosta Rika, di Elland Road dini hari nanti (8/6).

Bisakah Kane kembali mencatatka­n namanya di papan skor sekaligus memberikan kemenangan bagi Three Lions?

”Harry (Kane) mendapatka­n respek dari para pemain. Itu merupakan modal bagi seorang leader,” kata Eric Dier, gelandang bertahan Inggris sekaligus rekan Kane di Spurs, kepada London Evening Standard.

Di tempat terpisah, kepada Liverpool Echo, Henderson mendukung penuh Kane sebagai kapten Inggris di Piala Dunia 2018. Hendo –sapaan akrab gelandang bertahan asal Liverpool itu– menilai, banyak pemain di skuad Inggris yang punya jiwa leader.

Selain dia dan Kane, Gary Cahill, Dier, Jamie Vardy, hingga Ashley Young adalah kapten atau setidaknya pernah menjadi kapten di klub masingmasi­ng.

 ??  ?? Essam El Hadary
(Mesir/157 caps)
Sergio Ramos
(Spanyol/151 caps)
Osama Hawsawi
(Arab Saudi/134 caps)
Bryan Ruiz
(Kosta Rika/109 caps)
Luka Modric
(Kroasia/105 caps)
Ki Sung-yueng
(Korsel/100 caps)
Stephan Lichtstein­er
(Swiss/99 caps)
Hugo...
Essam El Hadary (Mesir/157 caps) Sergio Ramos (Spanyol/151 caps) Osama Hawsawi (Arab Saudi/134 caps) Bryan Ruiz (Kosta Rika/109 caps) Luka Modric (Kroasia/105 caps) Ki Sung-yueng (Korsel/100 caps) Stephan Lichtstein­er (Swiss/99 caps) Hugo...
 ?? JUAN CARLOS ULATE/REUTERS ?? BERPAMITAN: Kapten Kosta Rika Bryan Ruiz (kanan) bersama Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado; istrinya, Claudia Dobles; dan putra mereka, Gabriel; dalam seremoni sebelum berangkat ke Piala Dunia 2018. Dini hari nanti (8/6) Ruiz menghadapi Inggris yang...
JUAN CARLOS ULATE/REUTERS BERPAMITAN: Kapten Kosta Rika Bryan Ruiz (kanan) bersama Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado; istrinya, Claudia Dobles; dan putra mereka, Gabriel; dalam seremoni sebelum berangkat ke Piala Dunia 2018. Dini hari nanti (8/6) Ruiz menghadapi Inggris yang...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia