Jawa Pos

Anggaran Pensiunan Tanggungan Pusat

-

SURABAYA – Sejumlah pemda masih kelimpunga­n soal pemberian THR untuk PNS. Namun, tidak demikian pencairan THR bagi pensiunan PNS. PT Tabungan Asuransi dan Pensiun (Taspen) Surabaya menegaskan bahwa seluruh dana telah dialokasik­an oleh pemerintah pusat.

Kepala Kantor Cabang Utama (KCU) Taspen Surabaya Achmad Mochtarom menjelaska­n bahwa pencairan sudah memasuki hari ketiga. Itu pun untuk pencairan secara manual di mitra mereka, yakni PT Kantor Pos Indonesia. ”Yang untuk di bank tinggal disetorkan melalui transfer. Lebih praktis dan sudah selesai semua,” jelas Achmad kemarin (6/6).

THR pensiunan itu dibayarkan bersamaan dengan pensiun Juni. Dengan demikian, setiap pensiunan mendapatka­n dua kali pensiun rutin. ”Ini diberikan kepada semua pensiunan PNS di Surabaya yang terakhir pensiunnya bulan Mei,” tegas Achmad.

PNS yang pensiun pada bulan ini mendapat THR mengikuti pemda setempat. Sebab, mereka masih terhitung aktif. Achmad menegaskan, tidak ada masalah dalam pemberian THR pensiunan anyar itu karena data-data mereka sudah disesuaika­n dengan waktu pensiun. ”Apalagi karena sekarang dengan bank, otomatis langsung masuk ke rekening,” tambahnya.

Taspen Surabaya bertugas sebagai penyalur dana pensiunan serta THR saja. Seluruh dananya sudah diplot oleh pemerintah pusat. ”Sumber dananya semua dari APBN,” ujarnya.

Untuk pensiunan di Surabaya, jumlahnya 109.273 jiwa. Achmad menyebutka­n, pemerintah sudah mengalokas­ikan dana Rp 256 miliar untuk THR pensiunan PNS Surabaya. Jumlah itu bisa bertambah dengan pensiunan anyar pada Juni. Namun, Achmad memastikan jumlahnya tidak berbeda jauh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia