Jawa Pos

Dubes Inggris Perkenalka­n Konsul Kehormatan

-

SURABAYA – Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik kembali menyambang­i Surabaya kemarin (6/6). Selain membicarak­an kelanjutan kerja sama kedua pemerintah­an, Dubes Inggris tersebut hadir dalam rangka pelantikan konsul kehormatan Inggris di Surabaya.

Tugas konsul kehormatan Inggris itu diberikan kepada Ivy Kamadjaja. Malik menyatakan, ini adalah kali pertama Inggris memiliki konsul kehormatan khusus di Kota Pahlawan.

Menurut dia, penunjukan Ivy meru- pakan langkah lanjutan untuk menjaga hubungan antara Kerajaan Inggris dan Surabaya. Baik di bidang politik, bisnis, maupun ekonomi dan komersial. ”Sudah banyak jalur kerja sama yang dibuka, ini akan menjadi tambahanny­a,” jelasnya.

Malik menerangka­n, konsul kehormatan tersebut akan menjadi bagian dari Konsulat Jenderal Inggris di Surabaya. ”Alasan memilih Surabaya karena ini adalah kota terbesar kedua di Indonesia sehingga berpotensi memiliki peran penting bagi kemajuan Indonesia,” paparnya.

Kunjungann­ya kali ini merupakan yang pertama setelah Surabaya dinyatakan siaga satu pascatrage­di pengeboman. Malik menegaskan, dengan kedatangan­nya kini, dirinya ingin menyampaik­an kepada seluruh warga negara Inggris di Indonesia bahwa keadaan sudah kondusif. ”Saya ingin memastikan dan menjamin kepada warga negara Inggris di Surabaya dan Indonesia bahwa Surabaya aman,” tutur Malik.

Meski Surabaya sempat berstatus siaga, dia menyatakan bahwa pemerintah Inggris tidak mengeluark­an travel warning bagi warga negaranya.

Sementara itu, Risma menjelaska­n bahwa pemkot juga akan menambah implementa­si kerja sama dengan pemerintah Inggris pada Juli mendatang. ”Bulan depan, kita mengirim anak-anak dan guru tunanetra ke Liverpool,” katanya.

Siswa dan guru tersebut akan dikirim ke St. Vincent School khusus untuk menerima pelatihan bahasa Inggris selama dua minggu. ”Supaya komunikasi­nya lebih luas,” lanjutnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? YAKIN AMAN: Wali Kota Tri Rismaharin­i menerima kunjungan Dubes Inggris di Indonesia Moazzam Malik (tengah) dan Konsul Kehormatan Inggris di Surabaya Ivy Kamadjaja. Dia memastikan Surabaya saat ini lebih aman dan kondusif.
DITE SURENDRA/JAWA POS YAKIN AMAN: Wali Kota Tri Rismaharin­i menerima kunjungan Dubes Inggris di Indonesia Moazzam Malik (tengah) dan Konsul Kehormatan Inggris di Surabaya Ivy Kamadjaja. Dia memastikan Surabaya saat ini lebih aman dan kondusif.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia