Jawa Pos

Terapkan PPDB Online di 20 SDN

Tempat Tinggal dan Usia Penentu Utama

-

GRESIK – Dinas Pendidikan (Dispendik) Gresik mulai menerapkan sistem online dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SD. Pada 2018, sistem tersebut diujicobak­an di 20 SDN. Selebihnya, 369 SDN, masih sistem offline.

”Yang 20 lembaga ini menjadi pilot project,” kata Kadispendi­k Mahin kemarin (6/6). Penerapan sistem itu diperluas ke SDN-SDN lain pada tahun mendatang.

Dalam sistem online tersebut, pendaftar tinggal memasukkan data dan identitas ke laman pendaftara­n. Misalnya, alamat domisili untuk mengetahui jarak tempat tinggal dengan sekolah. Lalu, tanggal, bulan, dan tahun lahir untuk mengetahui usia anak. Usia ideal pendaftar SD adalah 7 tahun.

”Jika usianya 7 tahun dan rumahnya dekat dengan sekolah, sekolah wajib menerima,” tambah Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Nur Maslichah.

Apa dasar penunjukan 20 SDN itu? Ada berbagai pertimbang­an. Terutama soal kesiapan infrastruk­tur. Sekolah-sekolah tersebut (lihat grafis) menjadi perwakilan sekolah favorit karena diserbu calon pendaftar.

”Ini memfasilit­asi calon siswa atau orang tuanya untuk memudahkan pendaftara­n,” imbuh Nur Maslichah.

Kapan mulai pendaftara­n? PPDB online SDN dibuka pada 25–29 Juni. Setelah itu, petugas langsung melakukan verifikasi untuk mengetahui alamat dan usia calon siswa. Pengumuman jalur online

dilakukan pada 3 Juli. Pendaftara­n SDN secara offline dibuka 29 Juni hingga 5 Juli. Hasil jalur offline

diumumkan pada 7 Juli.

Kasi Pembelajar­an SD/MI Arifin meminta orang tua tidak memaksakan kehendak agar anaknya mendaftar lewat online. Jika alamat domisili jauh dari sekolah, mereka harus memilih sekolah terdekat. Itu demi keamanan anak. Juga pemerataan perolehan siswa baru antarsekol­ah.

Dengan demikian, perolehan siswa baru antarlemba­ga tidak sampai jomplang. ’’Yang harus diutamakan adalah keamanan anak. Jangan sampai sekolahnya jauh dari tempat tinggal,” ujar Arifin.

 ?? GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS ??
GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia