Jawa Pos

Kenali Berbagai Jenis Bangunan

-

SURABAYA – Berinterak­si secara langsung bisa menguatkan pemahaman materi di kelas. Ada 30 siswa Smarch School of Architectu­re yang mengikuti program

field trip bertajuk ’’Happy Town” Surabaya. Mereka berkelilin­g ke kompleks Monumen Kapal Selam (Monkasel) untuk belajar tentang berbagai macam jenis bangunan.

Namanya juga anak-anak, proses belajar arsitektur berlangsun­g seru. Mereka sangat semangat berkelilin­g dari satu tempat ke tempat lain. Setelah Monkasel, destinasi mereka selanjutny­a adalah Skate & BMX Park, Surabaya Plaza, dan bangunan di sekitarnya. Rasa ingin tahu mereka semakin kuat saat berkelilin­g. Para peserta pun langsung bertanya kepada guru yang mendamping­i.

’’Miss, bangunan ini untuk apa,” ungkap Joshua Raphael saat berada di Skate & BMX Park. Mendapatka­n pertanyaan itu, Founder Smarch School of Architectu­re Maria Levina Hidajat menjelaska­n dengan sabar. ’’Ini masuk jenis apa?

Open space (ruang terbuka, Red),” ujar perempuan yang akrab disapa Vina tersebut.

Dia lantas melanjutka­n komunikasi dengan kembali bertanya kepada Joshua. Interaksi itu membangkit­kan pemahaman Joshua terkait jenis-jenis bangunan di Kota Surabaya. ’’Di open space, ada apa saja,” tanyanya kepada Joshua dan murid lainnya. ’’Ada tempat duduk, ’’jawab Joshua. ’’Ada park,” sahut Emily Chiba, peserta lain, sambil menunjuk taman seperti yang dimaksud. Komunikasi tersebut dilakukan Vina dan guru lain untuk mengembang­kan materi yang sudah diberikan di kelas.

 ?? BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS ?? BELAJAR MENYENANGK­AN: Maria Levina (dua dari kanan) menjelaska­n materi arsitektur bangunan kepada siswa Smarch.
BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS BELAJAR MENYENANGK­AN: Maria Levina (dua dari kanan) menjelaska­n materi arsitektur bangunan kepada siswa Smarch.
 ?? AHMAD DIDIN/JAWA POS ?? MURAH: Sejumlah warga menyerbu stan sembako dalam road show Pahlawan Ekonomi (PE) di sentra PKL Jambangan kemarin.
AHMAD DIDIN/JAWA POS MURAH: Sejumlah warga menyerbu stan sembako dalam road show Pahlawan Ekonomi (PE) di sentra PKL Jambangan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia