Jawa Pos

Edukasi dengan Ular Tangga

-

SURABAYA – Kanker payudara menjadi salah satu penyakit yang mematikan. Pencegahan kian digencarka­n. Caranya, memberikan edukasi kepada masyarakat. Tentu saja, upaya itu dapat dilakukan dengan cara menyenangk­an.

Misalnya, yang terlihat di atrium Gedung Radius Prawiro, Universita­s Kristen Petra (UK Petra), kemarin (6/6). Mahasiswa program studi ilmu komunikasi mengajak bermain ular tangga raksasa.

Permainan itu didesain menarik. Warna merah muda mendominas­i papan permainan yang disesuaika­n dengan kampanye kanker payudara tersebut. Di setiap kotak, mereka menuliskan informasii­nformasi yang berkaitan dengan jenis kanker yang paling banyak menyerang perempuan tersebut. Setiap informasi ditulis singkat dan jelas agar mudah dipahami pemain. Mereka bisa memahami kanker payudara dengan cara menyenangk­an. Misalnya, makan makanan berlemak tidak memicu sel kanker. Ada pula tulisan bahwa usia termuda penderita kanker payudara adalah 8 tahun.

’’Permainan sederhana dan pasti semua orang tahu,’’ ungkap Catherine Wenny Susanto, mahasiswi UK Petra. Karena itu, dia dan kelompokny­a membuat permainan untuk kampanye pencegahan kanker payudara. Mereka membutuhka­n waktu sebulan untuk mendesain permainan tersebut. Konten informasi dipahami betul. Mereka juga melakukan riset sebelum memasukkan informasi tersebut dalam desain papan ular tangga.

Selain papan permainan, pemahaman kanker payudara diperkuat dengan talk show oleh Prof Dr dr Ami Ashariati SpPD-KHOM. Ami menjelaska­n, belum ada penelitian yang menunjukka­n penyebab utama kanker payudara. Banyak kemungkina­n yang diperkirak­an menumbuhka­n kanker payudara. Mulai gaya hidup hingga faktor genetik.

 ?? BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS ?? KAMPANYE: Dari kiri, Livi Loin, Felicia Budi, dan Maura Fajirin bermain ular tangga edukasi kanker payudara di UK Petra kemarin (6/6).
BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS KAMPANYE: Dari kiri, Livi Loin, Felicia Budi, dan Maura Fajirin bermain ular tangga edukasi kanker payudara di UK Petra kemarin (6/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia