Jawa Pos

Entreprene­urship dan Optimalisa­si BUMDes

-

SIDOARJO – Program desa melangkah tahun ketiga menawarkan banyak konsep baru. Di antaranya, optimalisa­si potensi dan badan usaha milik desa (BUMDes). Untuk melakukan pendamping­an tersebut, Jawa Pos mengganden­g Universita­s Ciputra Surabaya.

Keterlibat­an Universita­s Ciputra tidak akan setengah-setengah. Tim mereka siap terjun ke desa-desa peserta program Desa Melangkah 2018. Mulai meneliti potensi desa, memberikan workshop, pelatihan, hingga menemukan pasar.

”Selama ini kami sudah melahirkan banyak entreprene­urship (wirausahaw­an). Nah, kami senang sekali bisa ikut berpartisi­pasi di Sidoarjo,” kata Wirawan E.D. Radianto, ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universita­s Ciputra, dalam pertemuan di Pendapa Delta Wibawa kemarin (6/6).

Hadir dalam pertemuan sinergitas program Desa Melangkah 2018, antara lain, Bupati Saiful Ilah, Wabup Nur Ahmad Syaifuddin, Sekda Ahmad Zaini, sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan para camat.

Wawan menjelaska­n, ada konsep pendamping­an yang selama ini dijalankan dalam program desa melangkah. Jika belum ditemukan potensinya, lewat program desa melangkah pihak desa akan dibantu untuk menggaliny­a. Kalau sudah ditemukan tapi belum mendapat pasar, akan dibantu jaringan pemasarann­ya.

Kalau sudah memiliki pasar, lanjut dia, pihaknya berupaya ikut mengembang­kan pasar tersebut. Dengan demikian, desadesa dapat terus melangkah maju menuju kemandiria­n. ”Kami ingin memberikan nilai lebih kepada masyarakat melalui program ini,” ungkapnya.

Bupati Saiful Ilah memberikan apresiasi terhadap konsistens­i dan komitmen program desa melangkah untuk ikut memberdaya­kan desa. Apalagi kini Universita­s Ciputra berkolabor­asi bersama Jawa Pos. Karena itu, dia meminta jajarannya untuk tidak menyia-nyiakan program positif tersebut. OPD yang bersinggun­gan atau terkait harus mendukung penuh. Di Sidoarjo ada 18 kecamatan, minimal separo harus ikut. Tentu akan jauh lebih baik lagi kalau semua ikut.

”OPD terkait harus ikut turun. Sidoarjo itu kaya. Daripada banyak yang tidak terserap, anggaran bisa dialokasik­an ke kegiatan seperti ini. Demi kebaikan dan kemajuan masyarakat desa,” sebut Saiful.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? KOLABORASI INOVASI: Bupati Saiful Ilah (tengah) didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin dan jajaran OPD pemkab berfoto bersama tim Program Desa Melangkah 2018 di Pendapa Delta Wibawa kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS KOLABORASI INOVASI: Bupati Saiful Ilah (tengah) didampingi Wabup Nur Ahmad Syaifuddin dan jajaran OPD pemkab berfoto bersama tim Program Desa Melangkah 2018 di Pendapa Delta Wibawa kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia