Jawa Pos

Besok Pengumuman Jalur Nonreguler SMA/SMK

-

SIDOARJO – Hingga hari ini (7/6), data para pendaftar SMA/SMK negeri jalur nonreguler di Sidoarjo mulai diverifika­si tim dari sekolah masing-masing. Besok (8/6) hasilnya diumumkan. Yang lolos bisa langsung melakukan daftar ulang hingga Sabtu (9/6).

Jalur nonreguler tersebut adalah jalur prestasi, mitra warga, bidikmisi, dan inklusi. ”Sampai hari ini, kami masih memverifik­asi ke rumah calon siswa yang daftar jalur mitra warga,” terang Kepala SMAN 3 Sidoarjo Eko Redjo Sunariyant­o. Tim dari sekolahnya mendatangi langsung rumah calon siswa. Memastikan jarak sekolah dengan rumah serta kondisi ekonomi keluarga. Yang menjadi prioritas jalur mitra warga adalah keluarga miskin yang lokasinya dekat dengan sekolah. ”Kami lihat rumahnya, tanya penghasila­n orang tuanya,” terang Eko. Mengecek kembali kelengkapa­n berkas seperti kartu Indonesia pintar (KIP) atau surat keterangan tidak mampu (SKTM).

”Yang cukup lama adalah verifikasi jalur prestasi. Sebab, ada 62 siswa yang mendaftar jalur prestasi di sini,” lanjut Eko. Padahal, yang diterima hanya 21 siswa. Karena banyak yang daftar, tim verifikasi harus bekerja ekstra. Mulai memastikan apakah kompetisi yang diikuti berjenjang dan mengategor­ikan tingkat prestasiny­a. ”Sudah ada sistemnya dari dinas pendidikan, kami tinggal input data, nanti poin-poinnya sudah terlihat,” imbuhnya.

Begitu juga untuk siswa yang mendaftar jalur bidikmisi. Tim verifikasi akan mengecek nilainya. Sebab, menurut Eko, persyarata­n utama adalah pintar dan tidak mampu. Yang mendaftar pada empat jalur itu diharapkan mulai mengecek hasilnya. Lalu, segera melakukan daftar ulang. Sebab, waktu daftar ulang hanya dua hari. Yakni, besok (8/6) dan lusa (9/6). Untuk daftar ulang, yang dibawa cukup nomor ujian.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia