Jawa Pos

Farewell Party Pertukaran Pelajar Rotary

-

SURABAYA – Annia Brindis Salinas memegang kartu bergambar seorang perempuan. Perempuan itu mengenakan pakaian unik dan terlihat sedang menari. Annia kemudian bercerita dengan menggunaka­n bahasa Indonesia meski terbata-bata. ”Meskipun gendut, dia tetap enjoy

mengenakan pakaian itu,” jelas Annia dalam logat Meksiko.

Sudah hampir 10 bulan Annia tinggal di Indonesia. Dia bercerita tentang pengalaman tak terlupakan di Indonesia. ”Di Indonesia, aku merasa seperti itu. Aku bisa melakukan apa saja karena orang di sini tak tahu seperti apa aku di Meksiko,” imbuh perempuan 17 tahun tersebut.

Yobellivia Pauline juga ikut bercerita. Meski siswa asli Indonesia, Yobel akan mengikuti program pertukaran pelajar ke Taiwan pada Agustus. Yobel memegang kartu bergambar gigi orang yang sedang tersenyum. Yobel mulai bercerita dan menginterp­retasikan gambar tersebut. ”Gambar ini nunjukin

bahwa dia sedang bahagia dan ekspresif banget. Aku ingin seperti itu ketika aku exchange

ke Taiwan,” jelas siswa kelas XI SMA Mawar Sharon Christian School tersebut.

Annia dan Yobel adalah dua di antara 10 siswa yang ikut bermain kartu my photo album. Setiap peserta program pertukaran pelajar harus mengambil tiga kartu yang paling bisa menggambar­kan pengalaman mereka selama di Indonesia.

Permainan itu menjadi bagian dari Farewell Party Inbound Students Rotary Exchange 2017–2018 pada Jumat (1/6) di Indigo Cafe. Selain bermain dan berbagi kesan, mereka menikmati santapan buka bersama dan berbagi kenang-kenangan. ”Ini karena sudah siap balik, selera makannya udah balik, jadi makan pizza aja,” ungkap Enny Ambarsari, koordinato­r East Java Area Rotary Youth Exchange.

Hermanto Angka, district governor 2017–2018 District 3420 Rotary, menjelaska­n bahwa program pertukaran pelajar itu diadakan setiap tahun. Farewell party juga menjadi agenda rutin untuk melepas para peserta yang akan pulang ke luar negeri atau baru memulai perjalanan exchange.

 ?? ALLEX QOMARULLA/JAWA POS ?? FOTO BARENG: Para undangan Farewell Party Inbound Students Rotary Exchange 2017–2018 pada Jumat (1/6).
ALLEX QOMARULLA/JAWA POS FOTO BARENG: Para undangan Farewell Party Inbound Students Rotary Exchange 2017–2018 pada Jumat (1/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia