Jawa Pos

Transfer Gaji Pokok Disebut Gaji Ke-13

-

SURABAYA – Polemik pembayaran tunjangan hari raya (THR) yang dibebankan pada APBD belum berakhir. Khususnya di Kota Pahlawan. Kemarin (7/6) PNS di lingkungan Pemkot Surabaya menerima transfer sejumlah gaji pokok. Namun, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pajak Daerah (BPKPD) Yusron Sumartono menegaskan bahwa itu bukan THR

”Sejumlah nominal yang baru saja diterima PNS (kemarin, Red) bukanlah THR, melainkan gaji ke-13,” kata Yusron saat ditemui di kantornya.

Menurut pengakuan beberapa PNS Pemkot Surabaya, kemarin mereka menerima transfer uang sejumlah gaji pokok. Jumlahnya lebih kecil daripada nilai THR menurut surat edaran (SE) Mendagri. Yakni, komponen THR adalah gaji pokok beserta tunjangan (total senilai gaji yang diterima Mei).

Namun, gaji ke-13 yang dicairkan saat ini juga ”salah jadwal”. Sebab, gaji ke-13 seharusnya cair pada Juli nanti. Adalah THR alias gaji ke-14 yang cair pada pekan pertama Juni.

Keanehan sikap Pemkot Surabaya terkait dengan pembayaran THR juga terlihat dari surat yang dikeluarka­n BPKPD soal mekanisme pencairan THR dan gaji ke-13. Dalam surat bertanggal 28 Mei yang ditandatan­gani Yusron itu, Pemkot Surabaya akan mencairkan THR pada Juni dan gaji ke-13 pada Juli.

Yusron mengakui pernah mengeluark­an surat tersebut. Namun, surat itu bukan pernyataan bahwa pemkot menyanggup­i pencairan THR bagi PNS. ”Itu bukan THR. THR sudah pasti nggak dicairkan,” tegasnya.

Yusron menyatakan sedang menyusun revisi untuk surat tersebut. Dia sudah berkoordin­asi dengan bagian hukum. Namun, ketika dimintai konfirmasi, dia menjelaska­n bahwa surat itu belum ditandatan­gani. ”Tapi, intinya, surat itu berisi penjelasan bahwa surat edaran akan berubah. Mengapa Surabaya tidak mencairkan THR,” papar pria kelahiran Surabaya tersebut.

Dalam surat edaran sebelumnya bertanggal 28 Mei, pemkot mengacu pada Permenkeu Nomor 54/PMK.05/2018. Permenkeu itulah yang menjadi dasar pencairan THR di semua pemda.

Sementara itu, dalam surat revisi, pemkot menggunaka­n Permendagr­i Nomor 33 Tahun 2017 tentang pedoman penyusunan APBD 2018 sebagai pijakan. ”Jadi, (pemberian THR) didasarkan pada kekuatan APBD masingmasi­ng daerah,” jelasnya.

Polemik pembayaran THR di Surabaya berawal dari pernyataan Wali Kota Tri Rismaharin­i bahwa pemkot tidak menganggar­kan THR dalam APBD. Pembayaran THR sebagaiman­a yang digariskan pemerintah pusat akan membebani keuangan pemkot yang sudah dialokasik­an untuk pembanguna­n kota.

Sementara itu, Ketua Komisi A DPRD Surabaya Herlina Harsono Njoto mengkritik pernyataan jajaran Pemkot Surabaya yang menimbulka­n polemik tersebut. Menurut dia, sejak awal penyusunan APBD, gaji ke-13 dan ke-14 (THR) sudah dialokasik­an. Itu menjadi instruksi Permendagr­i Nomor 33 Tahun 2017 tentang tata cara penyusunan APBD.

Politikus Partai Demokrat tersebut juga mempertany­akan pernyataan Risma soal dana alokasi umum (DAU) dari pusat yang tak cukup untuk menggaji pegawai. Menurut dia, DAU sejak dahulu memang tidak bisa mengcover gaji seluruh pegawai. Penganggar­annya harus ditambah dengan APBD.

Sekretaris Daerah (Sekda) Hendro Gunawan menyatakan, polemik pembayaran THR di Surabaya terjadi karena penyebutan nama yang berbeda-beda. ”THR untuk tunjangan penghasila­n pegawai (TPP). Kalau dulu namanya gaji ke-13 dan ke-14,” ujarnya.

431 Daerah Sudah Cairkan THR Dari Jakarta, Dirjen Perimbanga­n Keuangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo menyampaik­an, mayoritas pemerintah daerah sudah mencairkan THR. Sampai pukul 17.00 kemarin, 431 di antara total 542 daerah telah mencairkan THR.

Boediarso memerinci, 27 provinsi telah menyelesai­kam kewajiban membayar THR. Kemudian, 76 kota juga tercatat telah mencairkan THR bagi para PNS di daerah masing-masing. Sisanya, 328 kabupaten telah menyalurka­n THR kepada PNS di wilayah masing-masing.

Sisanya, 111 daerah telah menjadwalk­an pembayaran THR pada hari ini (8/6). Mereka terdiri atas 7 provinsi, 17 kota, dan 87 kabupaten.

”Ini berarti semua daerah besok pagi (hari ini) sudah akan membayarka­n THR sesuai yang diharapkan pemerintah,” ujarnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia