Jawa Pos

Pelindo IV Siapkan Tiket Gratis

Siasati Kemungkina­n Penurunan Jumlah Penumpang Mudik

-

BALIKPAPAN – PT Pelindo (Persero) IV berencana memberikan layanan mudik gratis kepada penumpang kapal yang turun di Pelabuhan Semayang, Balikpapan. Langkah itu diambil untuk meningkatk­an jumlah penumpang mendekati mudik Lebaran tahun ini.

General Manager (GM) PT Pelindo (Persero) IV cabang Balikpapan H Baharuddin mengakui bahwa jumlah penumpang mudik kali ini tidak meningkat tajam bila dibandingk­an dengan tahun sebelumnya. Karena itu, pihaknya mengadakan program mudik gratis bagi pemudik dari luar daerah yang turun di Pelabuhan Semayang menuju Samarinda, Kutai Kartanegar­a (Kukar), Bontang, dan Sangatta.

’’Program ini dalam rangka meringanka­n beban masyarakat. Sebab, pengeluara­n mereka cukup besar untuk berkumpul bersama keluarga,’’ ucapnya pada Kamis (7/6).

Mudik gratis itu dimulai sejak Selasa (5/6). Penumpang yang ingin mendapatka­n layanan tersebut cukup mendaftar di ruang informasi setiba di pelabuhan. ’’Karena jumlah pemudik belum banyak, yang berangkat menggunaka­n fasilitas ini juga belum signifikan. Kemungkina­n pekan depan baru ramai,’’ lanjutnya. Dengan strategi demikian, dia optimistis mampu meningkatk­an traffic penumpang.

Banyak penumpang kapal, lanjut dia, berasal dari luar Balikpapan. Itu terlihat dari banyaknya masyarakat yang berada di teras atau ruang depan pelabuhan. Meski demikian, ada juga pemudik dari Surabaya yang memanfaatk­an layanan tersebut.

Selain mudik gratis, pihaknya menggelar Senyum Lebaran. Yakni, sebuah program layanan yang membantu calon penum- pang selama di terminal. ’’Misalnya, saat penumpang tiba di terminal, petugas Senyum Lebaran akan langsung membantu mengarahka­n ke konter checkin. Setelah selesai, kembali dibantu menuju ruang tunggu dan lainnya,’’ imbuhnya.

Selaku pengelola terminal PT Pelindo IV, Baharuddin mengklaim fasilitas yang disediakan sudah optimal. Contohnya, kapasitas ruang tunggu di atas 3 ribu. Jumlah tersebut cukup untuk menampung seluruh calon penumpang, termasuk saat mudik Lebaran. Yang terbaru, pihaknya juga telah menyediaka­n fasilitas bermain untuk anak. Sekarang penumpang yang menginap di pelabuhan bisa menggunaka­n fasilitas di lantai 2.

Melengkapi fasilitas di terminal, sekitar sepuluh tenant telah beroperasi melayani kebutuhan konsumsi calon penumpang. Mereka menjual makanan, minuman, dan juga suvenir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia