Jawa Pos

Antikarat Beri Proteksi Ekstra

-

DENGAN menambah bujet Rp 2 juta– Rp 5 juta, perlindung­an pada eksterior kendaraan bisa makin sempurna dengan rust protection alias antikarat. Memang tak semua pemilik mempunyai preferensi antikarat. Namun, lagi-lagi, bagi yang tak cukup rajin membersihk­an kendaraan, pelapis antikarat akan memberikan perlindung­an dan manfaat ganda.

Owner Esa Auto Detailing Resa Yusuf pernah menemui kasus pemilik kendaraan mengalami kerusakan akibat karat yang cukup parah. ’’Tanpa disadari, kendaraan yang berada di kawasan dengan kadar garam seperti dekat laut atau kawasan yang sering tergenang air lebih cepat terserang karat di bagian bawah bodi,’’ ungkap Resa.

Karat di satu titik tak berbahaya. Namun, menurut Resa, karat biasanya cepat menyebar ke tempat baru. Menurut dia, karat dapat diminimalk­an dengan metode pencucian mobil yang benar. Yaitu, membersihk­an sampai ke kolong.

Tak ubahnya paint protection, bagian sasis kendaraan dari pabrikan juga telah mendapat lapisan antikarat. Namun, karena diproses masal, masih ada beberapa bagian yang tak terlindung­i. ’’Terutama biasanya di bagian kolong itu tidak terjangkau antikarat,’’ katanya.

Itulah yang juga ditegaskan Manajer Marketing Protera Protection Hendrik Susilo. Menurut dia, pabrikan umumnya menggunaka­n antikarat hanya di bagian sasis dan bodi.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? TERAWAT: Model memperagak­an coating ringan pada mobil dalam sebuah pameran di Jakarta.
MUHAMAD ALI/JAWA POS TERAWAT: Model memperagak­an coating ringan pada mobil dalam sebuah pameran di Jakarta.
 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? KHUSUS: Pekerja melakukan coating berat untuk memuluskan eksterior.
MUHAMAD ALI/JAWA POS KHUSUS: Pekerja melakukan coating berat untuk memuluskan eksterior.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia