Jawa Pos

Kenyangkan Perut Dulu dengan Sate Maranggi

-

LOKASINYA yang tidak jauh dari pintu masuk tol Cipali di Cikopo menjadi salah satu alasan untuk mencoba Sate Maranggi Cibungur, Purwakarta. Hanya sekitar 10 menit dari pintu tol menuju ke rumah makan milik Hj Yetty dan keluargany­a itu. Rumah makan tersebut memiliki kapasitas superjumbo, bangku makan panjang yang bisa menampung 1.000 orang. Tempat parkirnya juga sangat luas.

Jawa Pos mendatangi warung makan itu pada 23 Mei pukul 19.30. Masih banyak orang yang makan di warung yang pernah didatangi Presiden Joko Widodo itu. ”Yang beda dengan sate lain ya sambalnya, pakai sambal tomat,” kata Deti Mindayani, salah seorang karyawan Sate Maranggi Cibungur.

Sambal yang dimaksud Deti tersebut merupakan perpaduan ulekan kasar antara tomat segar iris, cabai rawit hijau dan merah, serta sedikit garam. Satenya terasa tidak banyak bumbu, hanya kecap yang diusapkan tipis pada daging. Tapi, sate dibakar dengan matang yang pas sehingga sedikit kecokelata­n. Ukurannya yang sedang bisa dengan mudah digigit tarik dari tusuk kayunya. Satu tusuk terdiri atas tiga atau empat iris daging. Yang membedakan sate sapi dan kambing, ada sepotong gajih pada sate kambing.

Deti yang sudah 10 tahun bekerja di warung itu mengungkap­kan, pada saat arus mudik dan balik Lebaran, pengunjung bisa sangat membeludak. Bahkan, antrean mengular panjang. ”Kalau saat puasa begini, biasanya buka bersama. Ada yang memesan tempat dulu untuk 70 hingga 100 orang,” kata dia.

Menu lain yang cukup menggoda adalah soto dengkul yang berisi irisan kikil sapi berukuran besar yang empuk dan sedikit kenyal. Kuahnya bening dengan irisan daun bawah yang memenuhi mangkuk berukuran jumbo. Untuk pilihan lain, ada soto ayam, pepes ikan mas, sayur asam, dan gado-gado. Nasinya dibungkus dengan daun pisang.

Sate Maranggi Cibungur menjadi salah satu destinasi yang dipromosik­an PT Lintas Marga Sedaya (LMS), pengelola tol Cipali.

 ?? RAKA DENNY/JAWA POS ?? TAMBAH TENAGA: Sebelum menusuk jalur tol Cipali, tidak ada salahnya menikmati beberapa tusuk Sate Maranggi di Cibungur, Purwakarta. Hanya 10 menit dari gerbang tol.
RAKA DENNY/JAWA POS TAMBAH TENAGA: Sebelum menusuk jalur tol Cipali, tidak ada salahnya menikmati beberapa tusuk Sate Maranggi di Cibungur, Purwakarta. Hanya 10 menit dari gerbang tol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia