Jawa Pos

Baru Direnovasi, Hotel Terbakar

-

LONDON – Jarum jam menunjukka­n hampir pukul 16.00 saat penyanyi Robbie Williams keluar dari kamarnya dan berdiri di balkon Mandarin Oriental Hotel, London, Inggris, Rabu (6/6).

Dia mendongak ke atas dan terkejut melihat asap hitam yang mengepul. Artis 44 tahun itu langsung berlari ke kamarnya dan mengatakan pada istrinya, Ayda Field, bahwa hotel tempat mereka menginap terbakar. Dalam hitungan detik, sirene penanda kebakaran berbunyi dan seorang staf mengetuk pintu untuk membantu proses evakuasi.

Pada saat kejadian, ada 36 tamu dan 250 staf di hotel di Distrik Knightsbri­dge tersebut. Semua dapat dievakuasi. Para tamu dipindah ke hotel terdekat.

Sejauh ini tak ada laporan jatuhnya korban jiwa maupun luka. Mereka keluar dari hotel dengan tangga khusus kebakaran yang sudah dilengkapi pelindung.

Sekitar 20 mobil pemadam kebakaran dan 120 petugas dikerahkan untuk memadamkan api. ”Tim pemadam kebakaran bekerja sangat keras dalam kondisi yang luar biasa panas untuk menjinakka­n api,” ujar Manajer Brigade Pemadam Kebakaran London Pam Oparaocha sebagaiman­a dilansir CNN.

Sejauh ini belum diketahui penyebab kebakaran dan jumlah kerugian. Hingga kemarin (7/6), tim pemadam berada di lokasi untuk pembasahan dan pengecekan.

Hotel bintang lima itu dibangun pada 1889. Baru pada 1902, bangunan tersebut dibuka sebagai hotel. Di bangunan yang berusia 129 tahun itulah Pangeran Williams dan Kate Middleton menghelat gala dinner sebelum pernikahan mereka diadakan pada 2011.

Sejatinya Mandarin Oriental Hotel itu baru restorasi dan direnovasi selama dua tahun belakangan ini. Termasuk menambahka­n tanaman di fasad atau permukaan dinding hotel. Tanaman itu ikut hancur dalam kebakaran itu.

Seluruh perbaikan penginapan yang memiliki 181 kamar itu baru selesai sekitar sepekan ini. Mereka mengklaim bahwa kini kamarkamar di hotel tersebut lebih mewah dan nyaman daripada sebelumnya. Kamar yang paling besar baru dibuka pada Juli mendatang.

 ?? HENRY NICHOLLS/REUTERS ?? BERJUANG KERAS: Petugas memadamkan kebakaran Mandarin Oriental Hotel di London pada Rabu (6/6).
HENRY NICHOLLS/REUTERS BERJUANG KERAS: Petugas memadamkan kebakaran Mandarin Oriental Hotel di London pada Rabu (6/6).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia