Jawa Pos

PLAN B TANPA DER RABE

-

LEVERKUSEN – Problem cedera pemain belum lepas dari Jerman. Setelah Jerome Boateng dalam pemulihan cedera hamstring dan Manuel Neuer baru come back dari cedera metatarsal kelima kaki kiri, gelandang serang Mesut Oezil kini dihantam cedera lutut.

Cedera itu dialami Oezil saat Jerman kalah 1-2 oleh Austria dalam uji coba di Woertherse­estadion, Klagenfurt (3/6). Oezil mencetak satu-satunya gol juara Piala Dunia 2014 tersebut. Dalam uji coba melawan Arab Saudi di BayArena, Leverkusen, dini hari nanti

(9/6), bintang Arsenal tersebut dipastikan tak bisa bermain. Padahal, itu adalah laga pemanasan terakhir Jerman sebelum menantang Meksiko dalam laga pertama Piala Dunia 2018 (17/6). ”Hari ini (kemarin, Red) adalah hari keempat Mesut (Oezil) tidak bisa bergabung dalam sesi latihan karena cedera yang dialaminya.” Demikian rilis di situs resmi DFB (Federasi Sepak Bola Jerman). ”Sebagai tindakan pencegahan, dia (Oezil) tak akan ambil bagian dalam pertanding­an melawan Arab Saudi,” imbuhnya. Dilansir media-media Jerman, Oezil sejatinya tidak hanya bermasalah dengan lutut. Dia juga belum sepenuhnya pulih dari gangguan di punggung. Ada kekhawatir­an Der Rabe atau Si Gagak, julukan playmaker 29 tahun itu, tidak akan berada dalam kondisi fisik prima selama Piala Dunia 2018.

Der trainer Jerman Joachim Loew sudah menyadari masalah tersebut. Pelatih yang biasa disapa Jogi itu pun sudah mempersiap­kan plan B Jerman tanpa Oezil. Seiring melimpahny­a stok gelandang, Loew punya beberapa opsi skema. Di antaranya 3-4-3 atau 3-5-2. Dengan formasi tersebut, titik tumpu serangan Jerman berada di posisi flank. Jerman memiliki kombinasi Joshua Kimmich/Julian Brandt (kanan) dan Julian Draxler/Jonas Hector (kiri).

Jika ingin tetap mempertaha­nkan empat bek, Loew tetap bisa memainkan skema 4-23-1. Pilihan pengganti Oezil lebih melimpah. Mulai Draxler, Leon Goretzka, Ilkay Guendogan, hingga Marco Reus. Thomas Mueller juga bisa menggantik­an Oezil meski perannya mungkin lebih cocok sebagai second striker.

Di situs resmi Bundesliga, Mueller mengungkap­kan, siapa pun yang dipasangLo­ewmemiliki­kualitasse­banding. Takadajara­kkemampuan­antarapema­in inti dan pemain cadangan di skuad Jerman saat ini. ”Kami memiliki dua pemainterb­aikdalamse­tiapposisi­yang dibutuhkan­pelatih,” ucap bintang Bayern Muenchen itu. (

 ??  ?? SUBSTITUSI IDEAL: Julian Draxler (kiri) berpeluang menggantik­an Mesut Oezil yang mengalami cedera lutut dalam uji coba melawan Arab Saudi di BayArena dini hari nanti (9/6).
SUBSTITUSI IDEAL: Julian Draxler (kiri) berpeluang menggantik­an Mesut Oezil yang mengalami cedera lutut dalam uji coba melawan Arab Saudi di BayArena dini hari nanti (9/6).
 ?? FOTO: SASCHA STEINBACH/EPA-EFE-GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS ??
FOTO: SASCHA STEINBACH/EPA-EFE-GRAFIS: HERLAMBANG/JAWA POS
 ??  ?? Bursa Asian Handicap 0:3
Bursa Asian Handicap 0:3

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia