Jawa Pos

Nadal Tatap La Undecima

-

PARIS – Si Raja Tanah Liat Rafael Nadal tetap menjaga peluangnya untuk menjuarai grand slam Prancis Terbuka ke11 tahun ini. Kemarin Nadal memastikan lolos ke semifinal setelah menundukka­n Diego Schwartzma­n asal Argentina dalam bentrok empat set 4-6, 6-3, 6-2,

6-2. Lawannya di babak empat besar nanti adalah petenis Argentina lainnya, Juan Martin Del Potro.

Dalam pertanding­an yang sempat ditunda karena hujan kemarin, Nadal kalah di set pertama 4-6. Dia mengaku merasakan tekanan yang berat karena harus menyelesai­kan pertarunga­n dalam empat set. ’’Saya manusia biasa. Kadang bermain bagus, kadang bermain buruk,’’ ucap petenis Spanyol itu. ’’Tapi, tekanan itu bagus jika bisa dikendalik­an. Bisa jadi sangat positif,’’ lanjut pemain berjuluk El Matador tersebut.

Itu akan menjadi semifinal ke11 bagi Nadal di Prancis Terbuka. Dia menjadi petenis ketiga sepanjang sejarah yang mampu meraih capaian sebesar itu di sebuah turnamen mayor. Dua petenis lainnya adalah Jimmy Connors di Amerika Serikat Terbuka serta Roger Federer di Wimbledon dan Australia Terbuka. Nadal adalah pemilik sepuluh gelar juara Prancis Terbuka. Setelah puasa gelar pada 2014, dia meraih trofi kesepuluhn­ya alias La Decima tahun lalu. Nadal memang sempat berkutat dengan cedera. Namun, tahun lalu dia bangkit dengan merebut dua trofi grand slam, Prancis Terbuka dan AS Terbuka. Sekarang peluang Nadal untuk mendapatka­n gelar ke-11 alias La Undecima di Prancis Terbuka sangat besar.

Calon lawan Nadal, Del Potro, merontokka­n perlawanan unggulan ketiga Marin Cilic pada perempat final. Dia tak mampu menahan haru. Sebab, sepanjang karirnya, juara grand slam AS Terbuka 2009 tersebut baru dua kali lolos ke semifinal Prancis Terbuka. Dan, yang terakhir terjadi pada 2009.

 ?? THIBAULT CAMUS/AP PHOTO ?? HISTERIS: Bintang tenis asal Spanyol Rafael Nadal merayakan kemenangan­nya pada perempat final Prancis Terbuka kemarin.
THIBAULT CAMUS/AP PHOTO HISTERIS: Bintang tenis asal Spanyol Rafael Nadal merayakan kemenangan­nya pada perempat final Prancis Terbuka kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia