Jawa Pos

Pengurus SIM Membeludak Menjelang Libur Lebaran

-

SURABAYA – Pemerintah menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada 11–20 Juni. Menjelang libur, para pemohon perpanjang­an SIM memanfaatk­an waktu yang ada. Deretan orang terlihat di pusat pelayanan SIM Corner Tunjungan Plaza kemarin (7/6). Mereka antre dengan tertib untuk menunggu giliran diproses.

Jam menunjukka­n pukul 12.00. Antrean itu tidak kunjung berkurang. Beberapa pemohon yang kelelahan memilih duduk di lantai. Apalagi, sebagian di antara mereka sedang berpuasa. Petugas memasang garis batas agar antrean tetap rapi. Tidak sampai mengganggu pengunjung mal lainnya. ’’Kami juga menyediaka­n sejumlah kursi,’’ ujar Kanitregid­ent Satlantas Polrestabe­s Surabaya AKP Sigit Indra.

Gerai SIM corner di Tunjungan Plaza tersebut buka pukul 10.00– 17.00. Sampai tutup, ada 473 SIM yang telah diperpanja­ng

’’Itu petugas kami tidak istirahat sama sekali lho. Kami lanjutkan sampai gerai tutup,’’ tambah Sigit.

Perwira dengan tiga balok di pundak itu menjelaska­n, jumlah pemohon meningkat hampir dua kali lipat. Sebelumnya, pihaknya biasa memproses 300–400 perpanjang­an SIM. Namun, waktunya lebih lama. Yakni, pukul 10.00–22.00. Sigit menyatakan, membeludak­nya pemohon tidak hanya terjadi di Tunjungan Plaza, tetapi juga di beberapa layanan SIM di Surabaya. Misalnya, di Siola dan Satpas Colombo. ’’Kalau yang online, tidak ada peningkata­n berarti,’’ tuturnya.

Layanan pengurusan SIM tersebut tutup mulai Senin (11/6) dan buka lagi Kamis (21/6). Ada kompensasi bagi para pemohon yang SIM-nya mati di hari cuti. Mereka bisa melakukan perpanjang­an dari Kamis (21/6) sampai Selasa (26/6) tanpa harus mengulang pengurusan dari awal.

Namun, hal itu tidak berlaku bagi mereka yang masa berlaku SIM-nya habis sebelum 11 Juni. ’’Nanti tanggal 27 libur lagi karena ada pilkada. Yang SIM-nya mati di tanggal itu diberi kompensasi mengurus di tanggal 28. Kalau melebihi, ya harus buat baru,’’ jelas Sigit.

 ?? DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS ??
DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS
 ?? DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS ?? TERTIB MENGANTRE: Para pemohon perpanjang­an SIM menunggu giliran di SIM Corner Tunjungan Plaza kemarin (7/6). Layanan tutup pada 11–20 Juni 2018.
DRIAN BINTANG SURYANTO/JAWA POS TERTIB MENGANTRE: Para pemohon perpanjang­an SIM menunggu giliran di SIM Corner Tunjungan Plaza kemarin (7/6). Layanan tutup pada 11–20 Juni 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia