Jawa Pos

Amankan Lebaran, Terapkan Sistem One Gate

-

SURABAYA – Hari ini sebagian besar pekerja memasuki hari kerja terakhir. Mulai besok, warga bisa mulai menikmati masa libur Lebaran. Selama itu, pemkot meminta seluruh warga yang tetap tinggal di kota untuk selalu menjaga keamanan. Lingkungan dibuka dengan one gate system.

Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana dan Perlindung­an Masyarakat (BPB Linmas) Eddy Christijan­to memastikan ada petugas yang disiagakan di tiap kelurahan. ’’Kami mohon bantuan juga ke RT dan RW untuk melakukan pengecekan dan patroli keliling,’’ jelasnya kemarin (7/6).

Pengetatan pengawasan tersebut bertujuan menjamin keamanan di Surabaya. Khususnya dari oknum-oknum yang tidak bertanggun­g jawab. Warga diminta waspada jika ada pendatang yang tidak jelas track record-nya. Eddy menjelaska­n, setiap RT dan RW sudah dilengkapi dengan akun sistem informasi pantauan penduduk (sipandu). Setiap ada pendatang, mereka diminta segera memverifik­asi data-data warga pendatang itu untuk dimasukkan dalam database.

Pengamanan juga difokuskan pada titik-titik strategis. Tempat ibadah menjadi salah satu konsentras­i. ’’Total, ada sekitar 700 gereja di Surabaya. Pengamanan akan dilakukan oleh linmas dan petugas kecamatan,’’ tutur Eddy.

Sebanyak 95 tempat ibadah di tengah kota akan dijaga langsung oleh petugas BPB Linmas. Sisanya di wilayah-wilayah sekitar Surabaya akan dijaga oleh perwakilan Kasi Ketertiban dan Keamanan kecamatan masingmasi­ng. ’’Kami akan minta mereka patroli keliling juga ke tempattemp­at ibadah,’’ ucapnya.

Setiap tahun pemkot menyiapkan sejumlah titik pos pengamanan di tiap penjuru wilayah Surabaya. Di barat, utara, timur, dan selatan akan disiapkan satu tempat yang menjadi posko pengamanan Lebaran. ’’Nanti Kecamatan Dukuh Pakis juga akan kami buat posko pengamanan terpadu untuk pusat,’’ ujarnya.

Pemkot sudah menyiapkan petugas pemadam kebakaran, satpol PP, dinas perhubunga­n, hingga dari dinkes.

Kami mohon bantuan juga ke RT dan RW untuk melakukan pengecekan dan patroli keliling.”

EDDY CHRISTIJAN­TO

Kepala BPB Linmas

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia