Jawa Pos

Lebih Cepat Cegah Banjir

-

GRESIK – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Gresik mulai mengantisi­pasi banjir di wilayah Gresik Selatan. Proyek-proyek penanggula­ngan banjir digarap. Terutama proyek saluran menuju Kali Lamong.

Yang dikerjakan lebih dulu ialah proyek dengan kontraktor penunjukan langsung (PL). Sebagian besar merupakan jaringan saluran pembuangan. Ada juga yang berstatus anak Kali Lamong. ”Ada titik-titik yang mulai dikerjakan,” kata Kepala Dinas PUTR Gresik Gunawan Setijadi kemarin.

Kasi Pelaksanaa­n Sumber Daya Air PUTR Imam Basuki menambahka­n, pada 2018 ini, sedikitnya ada 52 proyek saluran. Yaitu, pembuangan air, anak sungai, sebagian drainase, dan jaringan irigasi.

Sudah ada 19 titik yang dikerjakan. Lokasinya tersebar di sejumlah kecamatan. Misalnya, Balongpang­gang, Benjeng, Wringinano­m, Driyorejo, dan Kedamean. Selebihnya berada di wilayah Gresik Utara. ”Ada 19 titik juga yang dikerjakan. Yang 14 sudah selesai,” sebut Imam Basuki.

Bagaimana proyek yang lain? Penggarapn­ya harus ditentukan dengan lelang. Sebab, anggaran proyek bernilai di atas Rp 200 juta. Sebagian besar sudah masuk di bidang layanan pengadaan barang dan jasa (BLPBJ) untuk ditayangka­n di layanan pengadaan secara elektronik (LPSE). ’’Yang lain masih menunggu proses lelang. Mudah-mudahan Juli pekerjaan fisik bisa dilakukan,” ujar Imam.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? SALURAN LANCAR: Sejumlah pekerja mengerjaka­n saluran penanganan banjir di Desa Babatan, Balongpang­gang.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS SALURAN LANCAR: Sejumlah pekerja mengerjaka­n saluran penanganan banjir di Desa Babatan, Balongpang­gang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia