Jawa Pos

Bupati: Sterilkan GOR Delta dari Miras

Tinjau Ulang Izin Semua Penyewa

-

SIDOARJO – Temuan ratusan minuman keras (miras) di GOR Delta memantik reaksi keras dari Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Pejabat 68 tahun itu meminta pihak keamanan segera bertindak. Kawasan olahraga tersebut harus steril dari minuman memabukkan.

Ketegasan itu disampaika­n Saiful saat dihubungi kemarin (7/6). Menurut dia, sebelum bulan puasa, pemkab mengedarka­n surat pemberitah­uan. Isinya, meminta tempat hiburan seperti rumah karaoke, permainan biliar, serta kafe tidak beroperasi ketika Ramadan.

Regulasi itu dibuat demi menghormat­i bulan Ramadan. Sebab, pada bulan tersebut, mayoritas warga muslim menjalanka­n ibadah puasa. Aturan penutupan tempat hiburan itu berlaku untuk semua. ’’Bukan hanya tempat hiburan di GOR Delta,’’ paparnya.

Selain menutup temp at hiburan selama sebulan, pemkab melarang keras rumah hiburan umum (RHU) memperjual­belikan miras.

A t u r a n i t u tercantum dalam mematuhi regulasi yang dibuat pemkab. ’’Aturan sudah jelas. Miras dilarang beredar. Apalagi diperjualb­elikan,’’ paparnya.

Sebagai solusinya, pemkab segera melakukan evaluasi. Izin yang dimiliki seluruh penyewa stan di GOR Delta diperiksa. Jika penyewa stan terbukti kerap melanggar, pemkab akan mengambil tindakan tegas. ’’Izinnya tidak kami perpanjang,’’ ucapnya.

Saiful juga meminta dinas terkait untuk segera melakukan pendataan. Stan yang terbukti digunakan tidak selaras dengan fungsi GOR Delta harus ditertibka­n. ’’Stan harus mendukung sebagai kawasan

olahraga,’’ jelasnya.

Tercatat ada 64 stan di kompleks GOR Delta. Perinciann­ya, 47 stan melekat di stadion, 5 stan berada di sebelah kolam renang, dan 12 stan berlokasi di bawah areal voli pantai.

Rencana bupati menertibka­n stan GOR Delta mendapat dukungan dari DPRD Sidoarjo. Dewan meminta areal itu dikembalik­an sesuai dengan fungsinya. Yakni, kawasan olahraga.

Anggota komisi A (bidang pemerintah­an) Wisnu Pradono menuturkan, pemkab harus menunjukka­n ketegasan dalam mengelola GOR Delta. Penyewa stan yang melanggar aturan harus ditertibka­n. ’’Kalau dibiarkan, tidak ada efek jera,’’ tegasnya.

Politikus PDIP itu mengatakan, fasilitas GOR Delta harus ditambah. Salah satunya, lampu penerangan. Sebab, ketika malam, lampu di beberapa titik tampak temaram. Misalnya, di areal karpet merah. ’’Selain itu, rencana pemagaran GOR Delta dan pemasangan CCTV harus segera dilakukan,’’ ucapnya.

Seperti diberitaka­n sebelumnya, Selasa (5/6) satpol PP menggelar razia di GOR Delta. Dari operasi tersebut, petugas berhasil mengamanka­n 181 minuman memabukkan. Bahkan, lorong stadion pun dijadikan gudang penyimpana­n minuman.

 ??  ?? perda. Seluruh pelaku usaha harus menaatinya.
Temuan miras di stan dan warung yang berada di kawasan GOR Delta membuat Saiful geram. Tidak seharusnya barang haram tersebut dijual, terlebih pada bulan puasa. Menurut dia, itu membuktika­n tempat hiburan...
perda. Seluruh pelaku usaha harus menaatinya. Temuan miras di stan dan warung yang berada di kawasan GOR Delta membuat Saiful geram. Tidak seharusnya barang haram tersebut dijual, terlebih pada bulan puasa. Menurut dia, itu membuktika­n tempat hiburan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia