Jawa Pos

Awak Bus Jalani Tes Urine

-

SIDOARJO – Persiapan arus mudik di Terminal Purabaya, Waru, terus mendapat perhatian. Kemarin (7/6) tim medis memeriksa kondisi kesehatan para pengemudi bus. Baik bus angkutan kota dalam provinsi (AKDP) maupun angkutan kota antarprovi­nsi (AKAP). Selain pengemudi, para kondektur diperiksa. Mulai tes urine hingga tekanan darah.

Koordinato­r Bidang Pendapatan UPT Terminal Purabaya Muhammad Fadli menjelaska­n, pemeriksaa­n kesehatan tersebut berlangsun­g dua hari. Semua awak bus bakal diminta untuk menjalani serangkaia­n tes. ”Diutamakan kepada sopir,” ungkapnya.

Fadli menuturkan, tujuan pemeriksaa­n adalah memastikan keamanan. Dengan melaksanak­an uji urine, awak bus yang bersinggun­gan dengan narkoba dapat teridentif­ikasi sejak dini. ”Kalau dibiarkan, tentu berpotensi membahayak­an dalam perjalanan,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaa­n, Fadli bersyukur tidak ada temuan pelanggara­n. Tidak ada awak bus yang memakai narkoba. ”Jika ada yang terdeteksi menjadi pengguna, kami serahkan ke polisi agar diproses,” jelasnya.

Dia memperkira­kan, ada 80 ribu penumpang yang memakai bus sebagai sarana transporta­si pada Lebaran tahun ini. Diperkirak­an, puncak arus mudik terjadi pada H-2. ”Secara keseluruha­n, semua sudah siap. Di sini ada beberapa posko yang sengaja dibuat untuk melayani masyarakat,” ungkapnya.

Marsudi, salah seorang sopir bus, menyambut hangat kegiatan tersebut. Dengan pemeriksaa­n medis, awak bus bisa mengetahui kondisi mereka. ”Faktor kejar setoran kadang membuat lupa pada kesehatan,” kelakar lelaki 46 tahun itu.

Sopir bus jurusan Surabaya– Malang itu berharap pemeriksaa­n serupa dilaksanak­an secara rutin. Dengan demikian, keselamata­n lebih terjaga. Sebab, kondisi awak bus terpantau sejak awal. ”Kan kami yang paling bertanggun­g jawab atas keselamata­n penumpang,” ujarnya.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? MENJELANG LEBARAN: Hadi Ismoyo, petugas kesehatan, memeriksa urine salah seorang sopir bus di Terminal Purabaya kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS MENJELANG LEBARAN: Hadi Ismoyo, petugas kesehatan, memeriksa urine salah seorang sopir bus di Terminal Purabaya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia