Jawa Pos

Perketat Pengamanan Jelang Lebaran

Perumahan Citra Garden Pasang 20 CCTV Tambahan

-

SIDOARJO – Jelang Lebaran, perumahan-perumahan di Kota Delta berbenah. Terutama dalam hal pengamanan. Perumahan Citra Garden, misalnya. Kemarin (7/6) pengelola perumahan di pusat kota itu menambah closed circuit television (CCTV). Penambahan kamera pengintai tersebut akan semakin menambah safety berlapis yang selama ini sudah berjalan.

Menurut Manajer Estate Citra Garden Sariono, CCTV tambahan yang dipasang total ada 20 unit. Kamera pengintai itu disebar di sejumlah titik strategis. Di antaranya, gerbang masuk dan persimpang­an-persimpang­an jalan. ”Jadi, makin memudahkan mengontrol lingkungan,” ujarnya.

Karakteris­tik penghuni perumahan di Citra Garden tidak jauh beda dengan perumahan lain. Sebagian di antara mereka adalah warga urban. Berasal dari luar kota.

Karena itu, lingkungan perumahan diprediksi sepi ketika libur Lebaran. ”Dengan pengamanan yang bagus, diharapkan ruang gerak pelaku kejahatan menjadi tertutup,” jelas Sariono.

Menurut dia, selama ini sistem pengamanan sudah berjalan maksimal. Semua tamu masuk melalui satu pintu (one gate system). Mereka yang bukan penghuni tetap bakal diminta meninggalk­an kartu identitas. ”Sebagai gantinya diberi kartu tamu,” terangnya.

Bukan hanya itu, pihaknya juga mendata semua penghuni perumahan. Baik pemilik rumah maupun warga yang kontrak. ”Identitas pekerja yang sedang merenovasi rumah juga kami kantongi. Jadi, kalau ada apa-apa bisa dipakai sebagai petunjuk,” ujar Sariono.

GM Citra Garden Vica Yustisiana menambahka­n, selama libur panjang Lebaran, pihaknya akan menambah jumlah personel keamanan. Sekaligus koordinasi dengan pihak kepolisian. ”Pada hari biasa ada 33 petugas. Nanti rencananya ada lima personel tambahan,” terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia