Jawa Pos

KAYA NUTRISI, DONGKRAK ENERGI

KESUNGGUHA­N si kecil dalam melakukan ibadah puasa patutlah mendapatka­n hadiah istimewa. Anda bisa menyediaka­n snack favorit ketika berbuka atau sepulang salat Tarawih. Meskipun cuma camilan, nutrisinya harus jadi perhatian utama. Beberapa ide healthy snac

- AMERICAN PECAN NUTRITIONI­ST CLEANFOODC­RUSH EATINGWELL NUTRITIONI­ST

Bagi fruit lovers, menyiapkan yoghurt parfait akan berbuah senyuman. Tambahkan jeruk mandarin, blueberry, atau buah yang disuka si kecil di atas vanilla yoghurt. Kemudian, beri topping granola.

Menurut Rene Ficek RD, ahli nutrisi di Seattle Sutton’s Healthy Eating, protein plus antioksida­n dari buahbuahan itu menjaga anak-anak tetap berenergi. Plus, mereka bakal senang menyusun parfait ala mereka sendiri dan mencampurk­annya bersama-sama.

Ficek punya ide lain untuk membuat sate buah. Masukkan potongan nanas, mangga, dan papaya pada tusuk sate untuk camilan yang segar. Nanas mengandung banyak vitamin C, manganese, dan serat. Kalau mangga kaya akan serat prebiotik, vitamin, mineral, dan antioksida­n. Demikian juga pepaya yang sangat tinggi vitamin C, antioksida­n serta menyehatka­n mata. Ficek melanjutka­n bahwa semua kandungan pada buah itu membantu anak-anak yang tumbuh menjadi kuat dan sehat. Ditambah lagi, ini bisa menjadi kegiatan yang menyenangk­an untuk membuat mereka sendiri.

Popcorn mengandung antioksida­n, serat, dan bijibijian, membuatnya menjadi makanan ringan yang lezat, kata Tiffany DeWitt RD MBA di Abbott in Columbus, Ohio. ’’Berikan penikmat rasa dengan taburan keju parmesan atau kayu manis,’’ katanya.

Kristen Smith MS RD adalah juru bicara dari Academy of Nutrition and Dietetics. Ahli gizi yang berkantor di Atlanta ini menyaranka­n agar anak-anak memilih sendiri menu trail mix. Trail mix adalah menu khusus untuk hiking. Biasanya terdiri atas kacangkaca­ngan dan buah kering untuk memberikan energi. Masukkan beberapa pilihan sereal dan crackers hewani yang mengandung lebih sedikit gula.

Anak-anak paling demen camilan manis. Tapi, pilih yang baik untuk mereka. Menurut ahli nutrisi Ficek, orang tua bisa memberikan buah stroberi yang dilapisi dengan dark chocolate.

’’Biji kakao kaya akan nutrisi yang disebut flavonoid yang bertindak sebagai antioksida­n dan membantu melindungi anakanak dari toksin serta memperbaik­i sel rusak. Sedangkan stroberi yang kaya akan vitamin C membuat daya tahan tubuh makin kuat,” jelas Ficek.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia