Jawa Pos

3-0, WARRIORS DI AMBANG JUARA

Warriors di Ambang Juara NBA 2018

-

Entah bagaimana caranya menghentik­an Golden State Warriors. Saat satu monster poin dihentikan, bintang lain menggila. Saat satu saluran angka disumbat, muncul aliran lain yang tidak kalah hebatnya.

Hal yang terkesan tidak adil itulah yang dirasakan Cleveland Cavaliers pada final NBA 2018. Kemarin mereka berhasil menghentik­an Stephen Curry, pendulang angka terbanyak Warriors pada game pertama dan kedua.

Namun, saat Curry tampil buruk dan bisa diatasi, ternyata megastar lainnya, Kevin Durant, bermain sangat sensasiona­l. Kemarin dia mencetak 43 poin dengan bonus 13 rebound dan 7 assist untuk menumbangk­an Cavaliers 110-102 di kandang mereka sendiri, Quicken Loans Arena. Warriors unggul 3-0. Satu kemenangan lagi membuat mereka meraih tiga gelar dalam empat musim terakhir!

Warriors adalah tim pertama dalam sejarah NBA yang berhasil unggul 3-0 pada final secara back-to-back!

Puncak penampilan Durant adalah ketika dia mencetak angka melalui tembakan tiga poin dari jarak lebih dari 10 meter saat pertanding­an menyisakan 49 detik. Warriors unggul 106-100, mengakhiri perlawanan Cavaliers yang sejatinya sangat gigih.

Game keempat masih berlangsun­g di Quicken Loans Arena Sabtu (9/6) WIB. Meski berada di atas angin, KD –panggilan Kevin Durant– tidak mau memberikan angin kepada lawannya. Dia berambisi untuk langsung menghabisi Cavaliers, menyapu bersih seri final tersebut dengan skor 4-0 langsung.

Jadi, imbuh KD, Warriors tidak ingin melepas game keempat dan lantas berpesta kemenangan di kandang sendiri, Oracle Arena, pada

game kelima (12/6). ’’Kami tidak bisa berskenari­o seperti Tuhan,’’ kata Durant kepada

ESPN. ’’Kami ingin bermain sebaik mungkin, menghormat­i pertanding­an. Orang memiliki jalan pikiran masing-masing dan saya tidak khawatir tentang itu. Kami mencoba ingin menang secepat mungkin,’’ tambahnya.

Dalam pertanding­an kemarin, Durant memang menjadi penyelamat tunggal Warriors. The Splash Brothers, Stephen Curry, dan Klay Thompson yang biasanya produktif justru melempem. Curry mencetak 11 poin. Salah satu penembak jitu jarak jauh terbaik dalam sejarah itu cuma berhasil menceplosk­an satu tembakan tiga angka dari 11 kesempatan. Thompson setali tiga uang. Bermain 41 menit, shooting guard 28 tahun tersebut hanya mendulang 10 angka.

’’Kalian semua bertanya kepada saya tahun lalu,’’ kata superstar Cavaliers LeBron James saat konferensi pers. ’’Apa yang membedakan Warriors tahun ini dengan tahun sebelumnya. Dan, apa jawaban saya? Jawaban saya adalah Kevin Durant,’’ imbuhnya.

’’Dia adalah salah seorang pemain terbaik yang saya hadapi. Kemampuann­ya mengolah bola, menembak bola, bermain dengan panjang tubuh seperti itu. Lalu, kecepatann­ya .... Dia luar biasa,’’ lanjut LeBron.

Kemarin LeBron bermain fantastis. Meski Warriors sudah bisa memainkan salah seorang defender terbaiknya, yakni Andre Iguodala, yang absen dalam dua game awal, LeBron tetap tampil dahsyat dengan mencetak tripledoub­le, 33 poin, 11 assist, dan 10 rebound. Tetapi, apa pun yang diperbuat LeBron, semua tidak cukup untuk membendung seorang Kevin Durant. ’’Saya kira tidak ada di dunia ini yang menembak seperti dia (Durant). Dia luar biasa,’’ ucap head coach Warriors Steve Kerr kepada ESPN.

 ?? /LARRY W. SMITH/EPA-EFE ??
/LARRY W. SMITH/EPA-EFE
 ?? KEN BLAZE/USA TODAY SPORTS VIA AP PHOTO ?? TAJAM DAN MEMATIKAN: Superstar Golden State Warriors Kevin Durant menembakka­n bola melewati penjagaan power forward Cleveland Cavaliers Kevin Love pada game 3 final NBA 2018 di Quicken Loans Arena, Cleveland, kemarin.
KEN BLAZE/USA TODAY SPORTS VIA AP PHOTO TAJAM DAN MEMATIKAN: Superstar Golden State Warriors Kevin Durant menembakka­n bola melewati penjagaan power forward Cleveland Cavaliers Kevin Love pada game 3 final NBA 2018 di Quicken Loans Arena, Cleveland, kemarin.
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia