Jawa Pos

Denyut Piala Dunia Makin Kencang

-

MOSKOW – Piala Dunia 2018 sudah berada di ujung mata. Pertanding­an pembuka antara tuan rumah Rusia melawan Arab Saudi tinggal menyisakan empat hari. Stadion kebanggaan Rusia, Luzhniki Stadium, akan menjadi arena pertarunga­n penting itu pada 14 Juni pukul

18.00 waktu setempat atau

20.00 WIB

Dari pengamatan Jawa Pos yang berada langsung di area Luzhniki Stadium yang merupakan jantung utama Piala Dunia 2018, kesibukan persiapan menjelang pembukaan terlihat jelas. Petugas keamanan terus berkoordin­asi. Sukarelawa­n alias volunter juga mulai dikumpulka­n untuk berlatih mengenai beraneka rupa tugas yang bakal dilakukan pada hari pertanding­an.

Petugas kebersihan, selama berjam-jam mulai pagi sampai sore, membersihk­an jalanan. Juga, mengecat bangunan-bangunan pedukung pembukaan. Tak tertinggal, jurnalis dari penjuru dunia datang ke area Luzhniki Stadium untuk mengurus akreditasi peliputan.

Semua tampak melakukan aktivitas. Bangunan-bangunan yang memperjual­belikan suvenir Piala Dunia berdiri di bandara. Juga, di banyak tempat, antara lain, mal dan area stadion. Ada pula patung-patung bola raksasa dan orang bermain bola yang didirikan. Dan tentu saja, gambar sang maskot Piala Dunia 2018, Zabivaka –serigala gaul yang berarti ”dia yang mencetak gol’’ dalam bahasa Rusia itu– tersebar di mana-mana. Di pusat Kota Moskow, denyut kehidupan bola memang sangat terasa!

Di Lapangan Merah yang sangat kondang itu, pemerintah Moskow memang tidak mendirikan tempat aktivitas fans. Namun, suporter dari berbagai negara peserta juga mulai berdatanga­n ke sana.

Puluhan fans Argentina terlihat berpose di depan salah satu bangunan paling ikonik di Rusia, Katedral Saint Basil. Selain dari Negeri Tango, lelaki dan perempuan yang memakai jersey Nigeria, Maroko, Peru, dan Brasil sudah menampakka­n diri. Kemarin kru televisi berbahasa Spanyol dan Portugal melakukan aktivitas siarannya dari sana.

Panitia Piala Dunia 2018 bakal memusatkan seluruh aktivitas fans di depan Lomonosov Moscow State University. Di sanalah

fan zone dengan kapasitas 40 ribu orang didirikan. FIFA memang menginstru­ksikan bahwa setiap kota penyelengg­ara hanya diperboleh­kan memiliki satu

fan zone. Jadi, karena ada 11 kota yang menjadi tuan rumah penyelengg­ara, fan zone hanya ada 11. Meski, faktanya, ada dua stadion di Moskow yang menjadi tuan rumah. Satu Luzhniki dan satu lainnya Spartak Stadium.

Kepala Sports and Tourism Moscow Nikolay Gulyaev mengatakan bahwa fan zone tidak akan dibuka setiap hari alias hanya pada waktu pertanding­an. Itu pun tidak seharian. Fan zone akan langsung ditutup beberapa jam setelah laga. ”Ini memang sudah menjadi ketentuan dari FIFA,’’ kata Gulyaev.

Seorang fans asal Nigeria bernama Ogechi Adeyemi mengatakan sudah tidak sabar untuk merasakan detak Piala Dunia 2018. Karena itulah, dia sudah datang kemarin, jauh-jauh hari sebelum laga perdana negaranya melawan Kroasia pada penyisihan grup D digelar pada 16 Juni waktu setempat di Kaliningra­d Stadium.

Adeyemi memakai akreditasi khsusus suporter bernama Fan ID. Itu adalah fasilitas khusus yang baru diperkenal­kan pada Piala Dunia 2018. Jadi, jika mengurus Fan ID, seseorang tidak memerlukan visa untuk masuk ke Rusia. Pemegang Fan ID bisa berada di wilayah Rusia mulai 10 hari sebelum kickoff sampai 10 hari setelah final (15 Juli waktu setempat). ”Saya datang ke Rusia ini bersama enam kawan saya. Saya sangat bersemanga­t. Makanya, datang ke sini beberapa hari sebelum kami mulai berlaga,’’ ucap pengidola pemain Chelsea Victor Moses tersebut.

Jadi, memang, beberapa hari sebelum laga pembuka empat hari mendatang sampai final nanti, Rusia habis-habisan dilanda demam bola. Mungkin, bukan hanya warga Rusia yang bersemanga­t menyambut event olahraga paling megah di dunia itu. Seluruh masyarakat dunia akan hanyut pada antusiasme yang menggebu-gebu. Dan tentu saja, Jawa Pos akan melaporkan semua ”kegilaan’’ itu langsung dari arena pertanding­an.

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS JAWA POS PHOTO MATTHEW CHILDS/REUTERS ?? PIALA DUNIA DI DEPAN MATA: Jam penghitung mundur Piala Dunia 2018 di Lapangan Merah, Moskow, kemarin. Pembukaan Piala Dunia 2018 dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow. Foto kiri, Neymar, pemain andalan Brasil, di London (5/6). Dia salah satu bintang yang...
ANGGER BONDAN/JAWA POS JAWA POS PHOTO MATTHEW CHILDS/REUTERS PIALA DUNIA DI DEPAN MATA: Jam penghitung mundur Piala Dunia 2018 di Lapangan Merah, Moskow, kemarin. Pembukaan Piala Dunia 2018 dihelat di Stadion Luzhniki, Moskow. Foto kiri, Neymar, pemain andalan Brasil, di London (5/6). Dia salah satu bintang yang...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia