Jawa Pos

Fly Usung Tema Girl Power

-

JAKARTA – Belakangan, lagu Fly cukup sering diputar di radio. Radhini, si pemilik single, membawakan­nya bersama penyanyi rap cewek yang sedang hit, Ramengvrl. Lagu bernuansa pop R&B yang upbeat itu terasa berbeda dari lagu-lagu Radhini di album Awal (2017) yang lebih banyak bernuansa ballad.

Fly ditulis sendiri oleh Radhini. Ia mengusung tema kekuatan perempuan. Setiap perempuan itu kuat, cantik, dan berdaya. Perempuan bisa menguatkan satu sama lain. Semua masalah yang dihadapi pasti bisa dilalui. ’’Dengan kekuatan itu, perempuan bisa terbang tinggi meraih impian,’’ tutur Radhini ketika berkunjung ke redaksi Jawa Pos di Graha Pena Jakarta, Jumat (8/6).

Single itu merupakan hasil evolusi Radhini sejak terjun ke dunia musik pada awal 2010-an. Perempuan kelahiran 19 April 1988 tersebut awalnya merupakan backing vocal untuk Maliq & D’Essentials, Rieka Roslan, dan Sandhy Sondoro. Radhini mengamati bagaimana musisi ketika tampil, berinterak­si dengan penonton, serta membuat mereka ikut bernyanyi dan menikmati show.

Pada 2013, Radhini memulai langkah menjadi solois. Dia membawakan kembali lagu Kebebasan milik Singiku. Hingga kemudian, tahun lalu lahirlah album Awal. Radhini menulis sendiri salah satu lagu di dalamnya, Sampai Nanti. Selain menyanyi, Radhini sudah 10 tahun menjadi penyiar radio.

’’Tapi, dua bulan lalu sudah nggak siaran lagi. Karena lagi fokus promo single,’’ ujar perempuan yang pada 1 April lalu mengakhiri masa lajang tersebut. Selain itu, Radhini ingin punya waktu lebih banyak untuk menghasilk­an karya yang diproyeksi­kan masuk ke album kedua. Saat ini ada beberapa lagu demo. ’’Saya ingin lebih banyak menulis lagu sendiri untuk album kedua nanti,’’ ucapnya.

Selama Ramadan, kesibukann­ya padat. Promo single, menyanyi

off air, serta menulis lagu. Menjalani puasa pertama sebagai istri terasa menyenangk­an buat Radhini. ’’Saya bikin menu yang simpel-simpel aja, dengan supervisi suami karena dia memang biasa masak,’’ tutur istri graffiti artist dan desainer grafis Angga Kims tersebut.

Radhini tak sabar menanti momen Idul Fitri. Kebetulan, keluarga besarnya dan suami sama-sama di Jakarta. ’’Tahun ini rumah keluarga yang dikunjungi nambah. Pasti bakal seru,’’ ucapnya.

 ?? M ALI/JAWA POS ?? BANYAK JOB: Ketika berkunjung ke Jawa Pos Jumat lalu (8/6), Radhini menceritak­an keseruan menjalani pekerjaan, menyusun album baru, serta kehidupan sebagai pengantin baru.
M ALI/JAWA POS BANYAK JOB: Ketika berkunjung ke Jawa Pos Jumat lalu (8/6), Radhini menceritak­an keseruan menjalani pekerjaan, menyusun album baru, serta kehidupan sebagai pengantin baru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia