Jawa Pos

Ancaman Bunuh Diri Itu Nyata

-

NEW YORK – Dalam rentang waktu tiga hari, dunia kehilangan dua tokoh sekaligus. Desainer Kate Spade dan celebrity chef Anthony Bourdain. Sedihnya, dua-duanya tewas bunuh diri. Hal itu membuat banyak kalangan kembali mengingatk­an betapa berbahayan­ya depresi dan gangguan kejiwaan. Gubernur New York Andrew Cuomo mengambil tindakan khusus untuk mencegah bunuh diri.

Kemarin Cuomo meluncurka­n kampanye antibunuh diri. Dia mengganden­g para selebriti dan lembaga nirlaba Crisis Text Line untuk menjangkau masyarakat luas. Siapa pun yang merasa tertekan bisa mengirim SMS GOT5 ke 741-741 untuk mendapatka­n bantuan konseling. Tak hanya New York, gerakan anti bunuh diri juga digeber dalam skala nasional.

’’Kate Spade dan Anthony Bourdain hanya sedikit dari korban depresi. Di luar sana, masih banyak warga New York yang bertarung dengan gangguan jiwa dan keinginan bunuh diri,’’ kata Cuomo kepada New York Times.

Sebagaiman­a diketahui, Bourdain ditemukan meninggal dalam kamar hotelnya di Paris Jumat malam WIB. Kemarin polisi setempat memastikan chef berusia 61 tahun itu gantung diri dengan ikat pinggang. Ungkapan dukacita membanjir dari seluruh dunia. Mulai teman-teman sesama chef, food enthusiast, selebriti, hingga mantan presiden AS Barack Obama.

Obama mengunggah fotonya bersama Bourdain ketika mengunjung­i sebuah depot di Vietnam. ’’Kursi plastik, mi yang murah tapi enak, bir Hanoi dingin. Begitulah aku mengingat Tony,’’ tulis presiden ke-44 AS itu di Twitter. ’’Dia mengajari kita tentang makanan. Namun, lebih penting lagi, dia membuat kita tidak takut pada hal-hal yang asing,’’ cuitnya.

Mandy Moore dan Gigi Hadid menyampaik­an belasungka­wa disertai hotline untuk pengaduan gangguanme­ntal.Sedangkans­utradaraLi­n-Manuel Miranda mengungkap­kan, dirinya banyak berutang pada Bourdain. ’Dia membuat si pemilih makanan ini jadi berani dan mau mencoba apa pun,’ cuitnya.

Meski berlatar belakang chef, Bourdain menjadi idola banyak kalangan . Dia dikenal sebagai food enthusiast yang tidak pilih-pilih makanan. Dalam show-nya, CNN Parts Unknown, dia memakan semua jenis penganan. Mulai kaviar mahal hingga jeroan ikan paus.

 ?? MATTHEW EISMAN/GETTY IMAGES ?? DUNIA KEHILANGAN: Anthony Bourdain dan kekasihnya, Asia Argento, menghadiri sebuah acara tahun lalu. Bourdain meninggal bunuh diri di usia 61 tahun.
MATTHEW EISMAN/GETTY IMAGES DUNIA KEHILANGAN: Anthony Bourdain dan kekasihnya, Asia Argento, menghadiri sebuah acara tahun lalu. Bourdain meninggal bunuh diri di usia 61 tahun.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia